Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
553


Berkencan. Bagi sebagian orang, kata kencan adalah kata yang memiliki peluang yang nggak terbatas dalam banyak hal, bisa bikin kepercayaan kita semakin meningkat dan hari kita menjadi menarik.

Sedangkan bagi yang lain,  kata kencan justru menjadi kata asing yang tampaknya memberikan kecemasan dan pertanyaan apakah munngkin bisa menemukan pasangan hidup yang layak atau nggak.

Sementara itu, dalam Alkitab, Yesus nggak pernah membahas mengenai kencan. Tetapi Dia mengajarkan kebenaran yang dimaksudkan untuk kita bisa terapkan dalam kehidupan kita,  termasuk dalam kehidupan kencan.

Nggak peduli dimanapun kamu berada, entah itu kamu dalam kondisi kencan atau hanya teman ataupun sudah meniah, Tuhan ingin kita mencerminkan sesuatu yang benar.

Hidup kita adalah sebuah kesempatan untuk mencerminkan apa yang ada adi hari kita, pikiran dan jiwa kita dan jika kencan adalah bagian dari hidup kamu saat ini, berarti itu bisa menjadi jalan lain juga bagi kamu untuk mencerminkan siapa  itu Juruselamat kita, Yesus.

Nah, inilah beberapa hal yang bisa membantu kamu untuk bisa berkencan dengan cara yang benar, dan penuh rahmat Tuhan!

1. Merespon dengan cinta

Tampaknya cinta di tolak sudah sering dialami oleh semua orang dibanding dengan di balas.

Penolakan juga dibicarakan di Alkitab tetapi lebih tepatnya, penolakan secara rohani.

Ketika seseorang ditolak, apalagi urusan cinta yang kerap terjadi adalah mereka membuang pipi mereka dan mulai membenci atau menjauhi, padahal Yesus berkata dalam Matius

 bahwa, "Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu adalah Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Ketika kamu suka seseorang tetapi perasaan itu nggak dibalas, apakah kamu harus berhenti mencintainya?

Ya, seharusnya sih nggak. Melainkan responilah dia dengan cinta, karena defenisi cinta bukanlah cinta yang romantis alias cinta eros, melainkan cinta seperti Tuhan yaitu cinta agape.

Kamu tetap harus menghormati keputusannya mereka tapi juga ingat ya untuk kita juga perlu mencintai diri kita sendiri, maksudnya segala waktu, kata-kata, sikap dan perhatian kamu kepada orang yang kamu kencani itu juga harus menghormati hati mu sendiri.

2. Kelemah-lembutan

Apakah kamu pernah merasa khawatir ketika menolak orang yang mengajak kamu kencan?

Mungkin kamu takut akan menyakiti perasaanya tetapi kamu pun tahu bahwa kamu kan bukan pacarnya dan kamu juga nggak suka dengannya serta tak ingin memberinya harapan palsu.

Kalau kasus ini tengah kamu hadapi maka ingatlah ayat ini, "Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah." (Amsal 15:1)

Kelemahlembutan adalah buat dari roh. Coba deh renungkan, orang yang mengajak kamu ke gereja pertama sekali pasti biasanya menunjukkan kelemahlembutan yang disengaja bahkan mereka penuh perhatian.

Jadi cobalah demikian. Caranya adalah dengan menempatkan diri kamu sebagai orang tersebut dan berkomunikasilah dengan lemah lembut dan sampaikan bahwa kamu nggak mau untuk diajak kencan.

Jangan malah jutek atau mungkin bersikap kasar dan berkata-kata nggak sopan.

Baca Juga Ya:

Berantem Dengan Pacar? Selesaikan Masalahmu Dengan Cara Ini dan Jadilah Berkat Baginya!

3. Its Ok, untuk sendiri dulu

Walaupun memiliki pacar bisa membuat kamu senang, tapi kadang juga itu bisa bikin kita lelah secara mental dan emosional,

Aku sudah pernah mengalami masa demikian dan mungkin ada banyak orang yang sudah merasakannya. Kadang butuh sedikit waktu untuk sembuh dari rasa kecewa di masa lalu.

Yesus sendiri mengambil waktu sendiri untuk bisa terhubung secara mendalam dengan Tuhan dan mendengarkanNya.

Demikian juga dengan kamu yang saat ini masih lajang, kamu ini memiliki kebebasan untuk melakukan ini, dan nggak perlu pedulikan apa kata orang.

Seperti dikatakan di 1 Korintus 7:34, "dan dengan demikian perhatiannya terbagi-bagi. Perempuan yang tidak bersuami dan anak-anak gadis memusatkan perhatian mereka pada perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus. Tetapi perempuan yang bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan suaminya."

Ketika kamu punya pacar atau menikah maka waktu kamu akan terbagi, sementara itu jika kamu masih diijinkan sendiri saat ini, itu berarti fokuslah kepada kehendak Tuhan dan bertumbuhlah.

Jodoh nggak ada yang tau kapan datangnya, jika Tuhan nantinya memberi, setidaknya kamu sudah siap dalam segi mental dan pengenalan akan Allah. So, kamu mampu memperlakukan pasanganmu dengan baik seperti yang Allah kehendaki.

Nah, itulah 3 hal yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap menjadi berkat dalam menjalan status kencan kamu. Terus terhubung dengan Kristus ya, dan tetap bertahan dalam hidup yang benar dan kudus. Tuhan Yesus menyertaimu!

 

Sumber : ibelieve/ jawabancom

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yolanda Sinaga 14 November 2019 - 17:57:36

kisah joyce meyer

0 Answer

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

1 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7270

Banner Mitra November Week 2