Dari Penampilan Sampai Sikap, Jadilah Yang Paling Murni Sesuai Gambaran Bapa Kita Di Surga
Sumber: https://www.lovepanky.com/wp-content/upl

Kata Alkitab / 31 May 2019

Kalangan Sendiri

Dari Penampilan Sampai Sikap, Jadilah Yang Paling Murni Sesuai Gambaran Bapa Kita Di Surga

Inta Official Writer
2352

Suatu hari, kita sedang berada di tempat antah-berantah. Daerah yang sangat asing dan kita nggak dapet sinyal buat menghubungi orang lain buat membantu kita. Buat mencari informasi, kita harus memberanikan diri untuk bertanya pada warga sekitar.

Di ujung jalan, ada seorang bapak dengan kemeja dan berpakaian rapi, sementara sebelahnya ada seorang pemuda dengan pakaian hitam lengkap dengan gambar tengkorak khas kaos band metal. Sebagai orang asing, manakah yang kita pilih untuk ditanyai dan mencari informasi yang terpercaya?  

Bukannya mendiskreditkan seseorang, tetapi kebanyakan orang akan lebih percaya pada orang yang berpakaian lebih rapi. Nah kalau ternyata bapak tadi menolak untuk memberi informasi dan sebenarnya baju yang dipakainya tadi hanyalah pinjaman, sementara pemuda berpakaian hitam jauh lebih ramah, bagaimana?

Penampilan dari luar sering membuat banyak orang berpikir soal siapa kita

Sebuah brand, atau merek bisa disamakan dengan pakaian. Pakaian, sering menunjukkan siapa kita yang sebenarnya. Namun, dengan adanya merek dagang yang mudah ditiru, kita juga sering keliru dengan benda bermerek asli atau itu KW.

Ada orang yang meminjam nama merek orang lain. Mereka meminjamnya untuk meningkatkan penjualan, juga tidak perlu capek-capek mulai membangun merek dari awal. Banyak orang yang memilih untuk meniru produk orang lain karena modelnya yang lebih baik, pelayanan, atau banyak orang yang memang sudah loyal dengan merek tersebut.

Kisah soal merek atau gambaran seseorang atas apa yang terlihat ini juga dibahas dalam Alkitab. Salah satunya ada dalam Yakobus 2:18, “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.”

Sudahkah kita menunjukkan bahwa kita adalah anak Tuhan lewat setiap tindakan yang dilakukan?  

Sebagai orang percaya, setiap kita merupakan ‘produk’ ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Bukan yang terlihat dari luar, justru kita harus bisa menggambarkan siapa kita, yang merupakan orang percaya melalui perbuatan kita.

Salah satu sikap yang menunjukkan siapa jati diri kita nggak perlu harus langsung terjun dalam pelayanan. Bisa juga dengan cara bekerja dengan sungguh-sungguh. Mengerjakan segala sesuatu dengan maksimal merupakan cara kita bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan dalam kehidupan kita.

Bekerja dengan jujur juga merupakan cara kita untuk menjadi saksi Kristus melalui hasil pekerjaan kita. Jadi, bukan cuma orang lain yang puas dengan keberadaan atau hasil kerja kita, tapi juga apa yang kita lakukan ini berkenan di mata Tuhan.

Penampilan, ucapan, dan tindakan kita merupakan citra diri kita. Ini menggambarkan siapa kita. Untuk bisa menjadi pribadi yang sesuai dengan kehendak Tuhan, kita harus tahu apa yang Tuhan mau atas kehidupan kita. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami