Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
303


Kesadaran akan pentingnya kerukunan beragama mendorong tokoh lintas agama kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) untuk membangun hubungan baik antar sesama umat beragama.

Ide ini sendiri berasal dari Ketua Dewan Pelaksana Pengelola (DPP) Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), KH. Noor Ahmad. Dia menyampaikan rencana ini akan diwujudkan jika semua tokoh lintas  agama Semarang sepakat untuk membentuk paguyuban takmir (pengelola) yang dimaksudkannya.

“Saya punya gagasan adanya paguyuban takmir (pengelola) rumah ibadah lintas agama. Jika para tokoh lintas agama yang hadir di sini setuju, nanti bisa kita wujudkan setelah lebaran,” kata Noor.

Sementara tokoh Gereja Katolik Romo Aloysius Budi Purnomo mengapresiasi ide tersebut. Menurutnya ide itu merupakan langkah yang sangat baik untuk mempererat jalinan antarumat beragama.

“Ini menunjukkan sikap moderat para pengurus (MAJT). Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini. Bahkan, muncul gagasan untuk membentuk panguyuban para pengurus rumah ibadah lintas agama. Ini bagus, perlu kita dukung,” ucap Romo Budi.

Baca Juga:

Bikin Adem! KWI Ajak Seluruh Umat Beragama Hidup Damai Lewat 5 Pesan Ini…

Jokowi Terpilih Lagi, Apa Umat Kristen Masih Akan Sulit Dirikan Rumah Ibadah?

Tampaknya rencana ini akan segera terwujud mengingat tokoh-tokoh lintas agama Semarang belakangan ini memang sudah intens membangun hubungan baik.

Bahkan belum lama ini MAJT telah bekerja sama dengan Gereja IFGF Semarang menggelar bazar bakti sosial kepada masyarakat.

“Ada 3000 paket sembako yang disediakan, per paket seharga Rp 100 ribu, pengunjung (Jamaah) cukup membayar separonya, yakni Rp 50 ribu. Hari ini, kita gelar buka bersama tokoh lintas agama. Inilah salah satu cara kita merekatkan hubungan harmonis komunikasi lintas agama,” kata Noor.

Kita memang gak bisa menyangkali bahwa Indonesia saat ini tengah krisis kerukunan. Ada banyak intoleransi dan diskriminasi yang menimpa kaum minoritas di tanah air. Dan ide untuk membangun pengelola rumah ibadah di setiap kota maupun daerah di Indonesia pastinya akan sangat berguna untuk menumbuhkan kembali rasa persaudaraan antarumat beragama.

Sumber : Tribunnews.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Galaxy studio moses 21 September 2019 - 19:33:34

Apa dampak dari tersenyum

0 Answer

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3