Biar Tetap Semangat Kerja Walau Puasa, Ikuti 5 Tips Ini
Sumber: canva.com

Finance / 4 April 2022

Kalangan Sendiri

Biar Tetap Semangat Kerja Walau Puasa, Ikuti 5 Tips Ini

Lori Official Writer
2846

Kerja sambil puasa? Kenapa gak. Menjalankan puasa gak harus jadi alasan buat kita lemas-lemasan saat harus bekerja sepanjang hari.

Walaupun gak makan dan minum, kamu tetap bisa kog bekerja dengan semangat di kantor. Caranya? Yuk ikuti beberapa tips ini:

 

1. Jaga pola makan

Supaya tubuh berlatih menjalankan puasa, kita perlu memenuhi asupan makanan yang meningkatkan energi dan kekebalan tubuh.

Misalnya, sesaat sebelum puasa, baik kamu yang melakukannya di malam hari atau subuh bisa, pilihlah makanan berserat dan bernutrisi tinggi. Hindari makanan yang mengandung banyak gula yang mudah menyerap dan membuat perut cepat lapar. Kalau perlu konsumsilah makanan hijau yang segar.

Hal serupa juga perlu kamu terapkan saat berbuka. Pastikan menyantap makanan yang tinggi nutrisi dan menyegarkan.

 

2. Cukup tidur

Kurang tidur saat puasa hanya akan membuat tubuh mudah lemas dan loyo.

Kalau memang niatnya puasa, harusnya kita lebih mempersiapkan diri dong selama menjalankan puasa, termasuk mengatur pola tidur juga.

 

Baca Juga: Pengen Hidup Sukses? 15 Ayat Alkitab Ini Bicara Tentang Kesuksesan

 

3. Tetap fokus dengan pekerjaan

Bersantai-santai hanya akan membuat kita fokus pada perut yang lapar. Akibatnya, kita hanya akan berpikir kapan waktunya berbuka.

Nah, supaya tetap fokus cobalah untuk fokus dan menyibukkan diri dengan bekerja. Aktifkan diri menyelesaikan schedule yang harus kamu lakukan sepanjang hari.

 

4. Fokus pada tujuan berpuasa

Ini bisa jadi pemicu kita untuk bisa menuntaskan puasa sepanjang hari. Kalau memang niatnya berpuasa baik dan didorong dari keinginan sendiri, pasti menjalankannya pun akan terasa lebih bersukacita.

 

Baca Juga: Berpikir Seperti Tikus, Filosofi Bekerja Lebih Bahagia

 

5. Berdoa dan menguatkan diri

Ingat kalau puasa makan dan minum adalah salah satu proses supaya kita bisa dibentuk secara karakter maupun pikiran. Berpuasa hanya dengan mengandalkan kemampuan sendiri saja kita pasti gak bakal mampu. Karena itu kita butuh Tuhan yang menguatkan supaya sepanjang hari waktu kita puasa sembari bekerja, kita bisa menyelesaikannya dengan baik.

Jadi, jangan sampai niat puasamu jadi gak murni karena mulai diganggu dengan pikiran-pikiran yang menggoda sepanjang hari ya. Dan walaupun dalam kondisi puasa, bukan berarti kita harus lemas-lemasan dan kerjaan terbengkalai ya.

“Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.” (Matius 6: 16)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami