Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
488


Makan buah lengkap dengan kulitnya sudah barang tentu lazim kita lakukan saat makan buah seperti apel, pir atau prem. Dan untuk buah berkulit lain seperti manggis, pepaya, mangga dan sebagainya kita akan cenderung  mengupasnya lebih dulu sebelum dimakan.

Tapi sebenarnya, tanpa kita sadari ada beberapa kulit buah yang bisa dimakan karena mengandung segudang nutrisi.

Selain pisang, 3 buah ini juga bisa kamu makan beserta dengan kulitnya.

1. Pisang


Kulit buah pisang seringnya akan dibuang. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kulit pisang mengandung serat yang tinggi. Selain kandungan daging pisang yang kaya akan potasium sebesar 422 milligram. Sementara kulit pisang mengandung 78 milligram kalium tambahan, ditambah dengan kaya serat.

Untuk memakan pisang beserta dengan kulitnya, cuci pisang dengan bersih, potong-potong dan campurkan dengan buah lain menjadi smoothie. Kamu juga bisa menggoreng atau memanggangnya selama 10 menit. Saat matang kulitnya akan terasa lebih manis.

Kamu perlu tahu kalau beberapa koki memakai kulit pisang sebagai pengganti daging babi atau nangka yang dicampur dalam barbekyu vegan. Atau dengan mengkonsuminya bersama dengan roti tawar.

2. Kiwi


Saat makan buah kiwi, kita akan cenderung mengambil daging hijau di dalamnya dan membuang kulit coklatnya yang berbulu. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya kamu sedang membuang banyak nutrisi loh!

Selama buah kiwi dicuci dengan bersih, kamu bisa memakan kulit coklatnya. Karena dengan memakan kiwi beserta dengan kulitnya bisa menambah serat lebih dari 30%.

Dengan serat kulit kiwi, kamu bisa memenuhi asupan serat yang gak kamu dapat dari pola makanmu.

Selain serat, kulit kiwi juga kaya akan vitamin E, folat, polifenol dan antioksidan.

3. Jeruk


Ada banyak koki yang sudah menambahkan kulit jeruk sebagai resep dalam masakannya. Rasanya memang pahit tapi bukan berarti kamu gak bisa memakainya dengan cara yang berbeda.

Kamu juga bisa memasak kulit dan daging jeruk jadi selai jeruk yang beraroma wangi. Kulit jeruk juga bisa jadi resep salad yang menyegarkan. Caranya adalah dengan mengiris tipis satu buah jeruk menjadi beberapa bagian, kemudian panggang dan masak bersama salad atau pasta.

Kamu juga bisa digunakan sebagai manisan dan juga hiasan untuk koktail atau minuman.

4. Semangka


Daging semangka merah muda sarat dengan nutrisi yang bermanfaat, seperti likopen, kalium dan vitamin A. Semangka juga merupakan sumber hidrasi sangat bermanfaat saat musim panas.

Bukan cuma daging buahnya saja, kulit semangka yang tebal ternyata mengandung nutrisi tambahan seperti citrulline asam amino. Kulitnya yang hijau gelap ini sangat aman dikonsumsi. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan menjadikannya sebagai smoothie atau menjadikannya sebagai asinan. Kulitnya juga bisa digunakan sebagai selada.

Informasi ini pasti bakal membuatmu takjub bukan? Kalau selama ini kamu masih membuang keempat kulit buah ini, maka cobalah mengkonsumsinya demi mendapatkan nutrisi yang lebih banyak.

Sumber : Today.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer

Miracle 12 September 2019 - 12:21:26

Pohon hawar

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

advertise with us