Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
585


Operasi plastik bukan hal luar biasa lagi di jaman ini, demi penampilan agar bisa lebih cantik/ganteng atau tampak lebih muda, tak jarang orang berduit merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan operasi plastik ini. Tapi pertanyaannya apakah orang Kristen boleh melakukan hal ini, bukankah kita sudah diciptakan Tuhan dengan sempurna? Dan apakah operasi plastik itu dosa?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini program Kata  Alkitab dari JC Channel membahasnya bersama dengan DR.Andie Hukom.

Operasi plastik sendiri sudah ada selama 200 tahun, demikian data American Society Of Plastic Surgery. Operasi plastik pertama dilakukan pada  tahun 1800an. Dalam prakteknya ada dua jenis operasi plastik, yaitu operasi plastik rekonstruksi dan operasi plastik kecantikan atau juga disebut bedah kosmetik.

Di Indonesia sendiri praktik bedah kosmetik masih tabu dibicarakan, tidak banyak yang mau terbuka secara terang-terangan bahwa ia telah melakukannya.

Lalu bagaimana Alkitab memandang operasi plastik untuk kecantikan, apakah hal ini menentang kehendak Tuhan yang telah menciptakan kita secara unik dan sesuai dengan gambaran-Nya?

Menurut DR.Andie, Alkitab mencatat bahwa Tuhan menciptakan manusia sempurna, “Baik adanya bahkan dikatakan sungguh amat baik. Baik dari sisi laki-laki maupun wanita. Kita juga tidak mengesampingkan bahwa dalam perjalanan kehidupan manusia jatuh dalam dosa sehingga berbagai permasalahan muncul.

Jadi kalau sekarang, manusia menginginkan untuk merubah muka misalnya, tadi yang disebut bedah kosmetik, itu artinya dia merasa ada yang kurang pada mukanya itu. Entah itu mata, mulut, hidung, atau telinga, atau bagian-bagian yang terlihat lainnya.

Sementara saya punya keyakinan seperti yang tertulis dalam Alkitab, Tuhan itu menenun diri saya di dalam rahim ibu saya seperti jala-jala, itu yang Daud bilang. Jadi tangan Tuhan itu membantu membentuk saya sehingga saya seperti saat ini. Jadi kalau saya mengatakan bahwa saya ini kurang, sebetulnya yang saya protes kan Tuhan itu sendiri.

“Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.” (Mazmur 139:13-14)

Jadi kalau ditanya apakah menentang kehendak Tuhan? Saya bilang bisa dilihat dari kedua sisi tadi ya. Dari sisi dokternya yang melakukan atau dari sisi pasiennya yang menginginkan merubah. Saya bilang kedua-duanya sudah menentang, yang satu mewujudkan keinginan yang lain. Dari sisi pasien kan ngga ada yang gratis, makin rumit makin mahal, ini kan gayung bersambut. Dua-duanya mendapatkan keuntungan dan keinginannya,” demikian penjelasan dari DR.Andie Hukom.

“Kita bisa sebut sebagai dosa berjamaah,” demikian tambahnya.

Pertanyaan kedua, dari dokter sendiri atau dari rekan-rekan seprofesi di kedokteran pernah mendengar ngga apa sih motif kebanyakan orang saat mau melakukan operasi plastik?

“Karena mereka punya perspektif cantik itu karena mempunya A, B, C, D, atau ganteng itu seperti A, B, C, D. Setiap kita memang punya persepsi masing-masing, makanya bagi yang seneng olahraga dia ingin ototnya kuat, karena dia merasa kalau laki-laki itu otot harus six pack, dll. Jadi kita sudah memiliki criteria masing-masing, sehingga mereka yang ingin melakukan bedah plastik membawa kriteria itu, ‘Dok, coba saya ingin hidung saya lebih tajam ya. Lebih mancung lagi, bisa ngga dok?’”

Setelah itu biasanya dokter akan menjelaskan prosedur yang akan dilakukan dan bahkan ada beberapa dokter yang menggambarnya, sekarang bisa dengan aplikasi untuk menggambarkan perubahan-perubahan yang akan dilakukan.

“Jadi motivasinya adalah ingin memenuhi keinginannya,” demikian tegas DR.Andie.

“Dia mau memaksakan keinginannya, sementara saya menemukan dalam hidup manusia ini, banyak keinginan kita yang tidak bisa kita dapat atau tidak dapat terpenuhi.”

Kalau keinginan tidak terpenuhi, biasanya manusia mengalami perasaan-perasaan negative seperti marah, sedih, takut, kecewa dan lain sebagainya.

Nah, buat pembaca Jawaban.com yang kepikiran untuk melakukan operasi kecantikan, berikut adalah saran dari DR.Andie Hukom, “Saya pikir perlu memikirkannya kembali. Apa tujuannya, sampai mana keinginan yang mau dipenuhi? Karena sekali lagi, ngga semuanya keinginan dalam hidup bisa terpenuhi.

Konsep diri saya, kalau saya mantap, saya cukup segini, saya sudah baik segini, maka itu mau dibayar dengan uang sebanyak apapun ngga bisa. Inilah yang perlu kita perhitungkan.”

Seorang JCers bertanya kepada DR.Andie kali ini, “Apa sih dampak secara fisik dan kejiwaan untuk mereka yang melakukan operasi plastik?”

“Saat dilakukan bedah plastik tadi, ada sayatan-sayatan di muka kita, di hidung, atau di kelopak mata kita, atau di daerah pipi. Walaupun nanti di jahit kembali dengan teknik yang tinggi sehingga jahitannya tidak terlihat, tapi itu terjadi luka. Proses penyembuhan lukanya bisa lama untuk orang-orang yang menderita penyakit penyerta lainnya (contoh diabetes-red). Kalau reaksi kejiwaan, jika keinginannya dapat  pastilah dia senang. Tapi ini juga yang menjadi catatan bagi kita semua ya, ada yang mengatakan bahwa operasi bedah plastik itu menimbulkan kecanduan.”

Jadi sebelum kamu memutuskan untuk operasi plastik, ingatlah baik-baik kebenaran firman Tuhan ini, “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. (Kejadian 1:27).

Kita diciptakan serupa dengan gambar Allah, kita memiliki rupa Allah, jadi mengapa kita merasa rendah diri? Kita seharusnya bangga dan percaya diri, karena Tuhan adalah gambaran kesempurnaan. Jadi ngga perlu sedih atau kecewa dengan penampilanmu ya, bersyukurlah.

Kalau kamu masih bergumul seputar dengan penampilanmu dan rasa percaya dirimu, yuk hubungi SAHABAT24 sekarang juga, di SMS/WA  atau telp di 1-500-224  dan 0811 9914 240  bisa juga email ke [email protected]  atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI. Kami siap untuk membantumu. 

Baca juga :

Tuhan Memandang Kecantikan Hatimu, Jangan Hanya Mempercantik yang Tampak di Luar

Demi Cantik dan Ganteng Operasi Plastik Jadi Pilihan. Begini Kata Alkitab Soal Bedah Wajah

Sumber : JC Channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Riama Manik 22 July 2019 - 18:53:22

Negara apa yang terletak paling utara

0 Answer

Buster street Wear 22 July 2019 - 12:34:35

Biseksual

0 Answer

Fadhila Eka 21 July 2019 - 20:08:48

nilai dari 5 pangkat negatif 4 dikali 5 pangkat ne.. more..

0 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run Juli Week 3


7272

Banner Testify Juli Week 3