Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

bagusp

Official Writer
1676


Hi JCiers dalam episode kali ini  kita akan membahas tentang sebuah tempat bernama  NINIWE!  kalian mungkin familiar dengan nama NINIWE  


Niniwe Jaman Purba

Niniwe adalah Kota di Asiria yang didirikan oleh Nimrod, ”seorang pemburu perkasa yang menentang Allah”. Bersama Rehobot-Ir, Kala, dan Resen, Niniwe merupakan ”kota yang besar pada zamannya” (Kej 10:9, 11, 12; Mi 5:6)  Lama setelah itu, Niniwe menjadi ibu kota Imperium Asiria, dan dikenal sebagai ”kota penumpahan darah” (Nah 3:1), sebab orang Asiria melakukan banyak penaklukan dengan peperangan, dan menggunakan cara-cara yang sangat kejam untuk membunuh para pejuang yang mereka tawan. Tidak diragukan lagi, kekayaan kota itu sebagian besar diperoleh dari kampanye-kampanye militer mereka. (Nah 2:9)  Istar, dewi cinta dan perang, adalah ilah atau berhala utama kota Niniwe 

Menurut penelitian Arkeologis  Kuyunjik dan Kuil Nabi Yunus, dua gundukan di sebelah timur Sungai Tigris di seberang Mosul, bagian utara Irak, adalah lokasi kota besar Niniwe pada zaman dahulu  Di Kuil Nabi Yunus sekarang ini terdapat sebuah desa dengan sebuah pekuburan dan mesjid  Itulah sebabnya gundukan ini, yang menutupi sebuah istana milik Esar-hadon, belum banyak diselidiki. Akan tetapi, penggalian di Kuyunjik, mengungkapkan banyak hal yang membuktikan kejayaan Niniwe pada masa lampau. Antara lain, telah ditemukan ribuan lempeng berhuruf paku dari perpustakaan Asyurbanipal, juga puing-puing istana Sanherib dan istana Asyurbanipal. Istana-istana ini pada masa lampau adalah bangunan-bangunan yang mengesankan. Hari ini kota Niniwe terletak tepat di seberang kota Mosul, di Provinsi Ninawa, Irak.


Niniwe Jaman Yunus

Pada Zaman Yunus, yaitu di abad 9 SM, Yunus, nabi Allah, mengumumkan bahwa Niniwe akan segera ditimpa kebinasaan oleh karena kefasikan penduduknya. Tetapi karena rakyatnya, termasuk rajanya, bertobat, maka Tuhan tidak jadi membinasakan kota itu. (Yun 1:1, 2; 3:2, 5-10) Pada waktu itu, Niniwe adalah kota besar ”yang luasnya tiga hari berjalan kaki”. (Yun 3:3) Jumlah penduduknya lebih dari 120.000 orang. (Yun 4:11) Gambaran yang diberikan Alkitab ini tidak bertentangan dengan bukti arkeologis. 

Meskipun orang-orang Niniwe bertobat oleh karena pemberitaan Yunus (Mat 12:41; Luk 11:30, 32), mereka kembali menempuh haluan yang fasik. Beberapa tahun setelah Sanherib, raja Asiria, dibunuh di Niniwe di rumah allahnya, Nisrokh (2Raj 19:36, 37; Yes 37:37, 38), Nahum (1:1; 2:8–3:19) dan Zefanya (2:13-15) menubuatkan kehancuran kota yang fasik itu. Nubuat mereka digenapi ketika pasukan gabungan Nabopolasar, raja Babilon, dan Kyaksares, orang Media, mengepung dan merebut Niniwe. Kota itu tampaknya dibakar, sebab pada banyak relief Asiria terlihat bekas-bekas kerusakan atau noda yang disebabkan oleh api dan asap.

Sehubungan dengan Niniwe, sebuah catatan Babilonia melaporkan, ”Mereka mengangkut hasil rampasan yang sangat besar dari kota itu serta kuilnya dan menjadikan kota itu timbunan puing.” (Assyrian and Babylonian Chronicles, karya A. K. Grayson, 1975, hlm. 94; GAMBAR, Jil. 1, hlm. 958) Sampai sekarang Niniwe adalah tempat yang tandus dan telantar, dan pada musim semi, kawanan ternak merumput di dekat atau di atas gundukan Kuyunjik.


Reruntuhan Niniwe Purba

Walaupun terdapat huruf-huruf kuno yang menyatakan tahun terjadinya peristiwa ini, yaitu tahun ke-14 masa pemerintahan Nabopolasar, telah terkikis dari lempeng berhuruf paku yang masih ada yang menceritakan tentang kejatuhan Niniwe, hal ini dapat ditentukan berdasarkan konteksnya. Kehancuran Niniwe juga dapat dimasukkan dalam kerangka kronologi Alkitab. Menurut sebuah catatan sejarah Babilonia, orang Mesir dikalahkan di Karkhemis pada tahun ke-21 masa pemerintahan Nabopolasar. Alkitab memperlihatkan bahwa ini terjadi pada tahun keempat masa pemerintahan Yehoyakim atau pada tahun 625 SM. (Yer 46:2) Jadi, penaklukan Niniwe (kira-kira tujuh tahun sebelumnya), pada tahun ke-14 masa pemerintahan Nabopolasar, terjadi pada tahun 632 SM.

Demikian Fakta Alkitab tentang NINIWE  Kalau kamu suka dengan video ini silahkan di LIKE  dan kasih komen kamu di bawah  jangan lupa di SHARE dan SUBSCRIBE  Aktifkan tombol lonceng kamu untuk notifikasi video-video terbaru kami!  God bless you! 



Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3