Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

bagusp

Official Writer
975


Kejadian di Alkitab tepatnya di Kitab Kejadian 19 : 23-29 mengisahkan bagaimana Tuhan menghancurkan kota Sodom dan Gomora, yang terletak di lembah Yordan karena dosa-dosa mereka. Tuhan mengirimkan hujan api dan belerang dan menghantam kota-kota tersebut diatas penduduknya dan kotanya bahkan semua tanamannya.

Namun setelah 3000 tahun lebih, dimanakan sebenarnya letak kota Sodom dan Gomora?


Posisi Kota Sodom Sekarang

Sodom adalah salah suatu kumpulan dari lima kota besar, Pentapolis: Sodom, Gomora, Adma, Zeboim, dan Bela yang juga disebut Zoar (Kejadian 19:22). Daerah Pentapolis secara kolektif juga disebut sebagai "kota-kota Lembah Yordan" (Kejadian 13:12) karena mereka semua terletak di tepi Sungai Yordan, di daerah yang merupakan batas selatan tanah Kanaan. Lot, seorang keponakan dari Abraham (Nabi Ibrahim) memilih untuk tinggal di kota Sodom karena masih banyak lahan untuk merumput bagi ternak-ternaknya. (Kejadian 13:5-11).

Berdasarkan informasi itu, arkeolog berusaha menemukan lokasi Sodom dan Gomora yang diperkirakan telah dihuni antara tahun 3.500 dan 1.540 Sebelum Masehi. Dua lokasi itu, terletak di bagian utara Laut Mati.

Sekelompok tim arkeologi yang dipimpin oleh Steven Collins dari Trinity Southwest University, New Mexico, Amerika Serikat pada bulan September 2015 mengumumkan bahwa mereka menemukan situs reruntuhan kota Sodom. Laporan yang dimuat dalam majalah "Popular Archaeology" itu menyatakan bahwa dari ekskavasi selama 10 tahun di Tall el-Hammam, mereka menemukan struktur bangunan-bangunan masif dan banyak artefak dari suatu kota-negara besar dari Zaman Perunggu yang menguasai lembah sungai Yordan bagian selatan.

Menurut Collins, Tall el-Hammam tampaknya cocok dengan setiap kriteria kota Sodom menurut teks-teks kuno, di mana kota itu adalah yang terbesar di Kikkar ("Disk" atau "piringan" Yordan, atau "dataran yang banyak airnya" menurut Alkitab) di antara kota-kota di sebelah timur sungai Yordan. Bekas-bekas kota di Middle Ghor (lembah Yordan selatan) ini paling sedikit lima sampai 10 kali lebih besar dari kota-kota lain dari Zaman Perunggu di seluruh wilayah, termasuk di luar Kikkar, Yordan.


Bukti meyakinkan

Ada bukti meyakinkan bahwa ledakan udara yang signifikan menghancurkan kota. Trinite ditemukan di bagian belakang pecahan tembikar. Gelembung zirkon yang hanya dapat terbentuk di dalam temperatur tinggi juga ditemukan. Tidak ada yang dapat dibakar di area pintu gerbang, namun area pintu gerbang  itu ditutupi abu hitam setebal setengah meter. Tulang-belulang manusia berserakan di seluruh situs mengindikasikan orang-orang itu secara fisik meledak berkeping-keping karena peristiwa itu

Sebelumnya ditemukan kota yang diduga merupakan reruntuhan kota Sodom yaitu Bab edh-Dhra . terletak di sebelah tenggara Laut Mati. Nama modernnya adalah Bab edh-Dhra, diperkirakan sebagai Sodom, dan Numeira, diperkirakan sebagai Gomora.

Namun penemuan tersebut tidak cocok dengan gambaran Alkitab yang menyatakan bahwa kota-kota seperti Sodom dan Gomora tersebut adalah kota yang terletak di dataran. Kota Bab edh Dhra terletak di perbukitan. Para ahli arkeolog lebih mempercayai bahwa kota Tall el-Hammam adalah kota dimana dahulu adalah kota Sodom dan Gomora.

Di dalam Kitab Taurat, disebutkan kerajaan-kerajaan Sodom dan Gomora dan tiga kota lainnya, Admah, Zeboiim dan Bela (Zoar) dikenal sebagai “kota-kota di lembah” karena semuanya berada di dataran Sungai Yordan di sebelah selatan daerah tanah Kanaan. Lembah itu dibandingkan seperti Taman Eden, seperti “lembah yang diairi dengan baik dan hijau, sangat sesuai untuk menggembalakan ternak.”

Kota itu terletak di area yang nampak seperti “piringan” Yordan.

 “Dan Lot mengangkat matanya dan melihat ke seluruh lembah (Ibrani: kikar) Yordan, bahwa daerah itu seluruhnya terairi -sebelum pembinasaan Tuhan terhadap Sodom dan Gomora- seperti taman Tuhan, seperti tanah Mesir, jika engkau memasuki Zoar. Maka Lot memilih bagi dirinya seluruh lembah (kikar) Yordan itu, dan Lot menempuh yang sebelah timur, dan mereka berpisah seorang dari yang lain. Abram menetap di tanah Kanaan, sedangkan Lot menetap di kota-kota lembah (kikar) itu dan berkemah di dekat Sodom.” Kejadian 13:10-12 (ILT)

Di dalam bahasa Ibrani ada empat kata untuk “lembah”. Kata yang digunakan disini adalah ‘kikar’ dan secara literal artinya ‘piringan’ atau ‘lingkaran.’ Lebih dari 50 kali itu diterjemahkan sebagai talenta logam, lingkaran, piringan seperti cincin. Atau itu diartikan seperti roti bundar berbentuk lingkaran datar. Area dimana situs Dr. Collins berada berbentuk seperti piringan.

Teks Alkitab mengindikasikan bahwa Lot dapat mengangkat matanya dan melihat keseluruhan ‘piringan Yordan’ sekaligus (Kejadian 13:10). Jika seseorang berdiri di barat dan melihat ke arah timur ke Tall el-Hammam, mereka dapat melihat keseluruhan area berbentuk piringan lembah (kikar) seperti yang dilakukan Lot, dengan Sodom berada di ujungnya.
Apa yang ditulis di Alkitab adalah fakta dan bukan dongeng belaka.

Dengan ditemukannya lokasi kota Sodom dan Gomora ini kita melihat bahwa sekali lagi Alkitab adalah buku yang layak untuk dipercayai.


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer

Miracle 12 September 2019 - 12:21:26

Pohon hawar

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

Banner Mitra September week 2