Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
533


Jack Ma, sang miliarder pendiri Alibaba dikritik soal kewajiban jam kerja yang dibebankan kepada karyawannya. Istilah 996 yang diterapkannya merujuk pada keyakinan Ma bahwa setiap karyawan yang bekerja dengannya harus dengan senang hati bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam dan juga enam hari seminggu.

Peraturan ini pun dianggap sebagai bentuk eksploitasi karyawan. Karena perusahaan dinilai memeras segenap waktu dan tenaga karyawan hanya demi keuntungan finansial perusahaan saja. Selain itu, karyawan juga akan kehilangan waktu dengan keluarga, teman dan komunitasnya.

Namun Ma memberikan alasan menerapkan jam kerja yang sedemikian ketat ini karena perusahaan teknologi yang hanya bekerja dari jam 8 sampai jam 5 sore tidak akan pernah bisa berkembang. Itu sebabnya dia meniru semangat kerja para karyawan perusahaan besar Amerika di Silicon Valleys.

“Aku pribadi berpikir kalau 996 adalah sebuah berkat yang besar. Bagaimana kamu mencapai kesuksesan yang kamu dambakan tanpa membayar usaha dan waktu ekstra?” terang Ma dalam sebuah pertemuan besar dengan karyawannya.

Baca Juga:

Nggak Perlu Pinter Buat Kerja Di Alibaba, Jack Ma Beberkan 3 Kriteria Karyawan Idamannya!

6 Pelajaran Bisnis Alibaba yang Patut Ditiru

Ma juga menyampaikan bahwa peraturan 996 bukan berarti memeras seluruh tenaga karyawan. Sebaliknya, dia memberikan kebebasan untuk mereka menghabiskan waktu belajar, berpikir dan meningkatkan skill. Dalam hal ini, Ma menyarankan karyawan untuk membaca buku, mengikuti seminar-seminar, atau pergi ke gym.

Meskipun sistem kerja Ma ini masih kontroversial, kita perlu memikirkan satu hal penting di dunia kerja bahwa pekerjaan bukan segala-galanya dalam hidup. Sekalipun karir kita meningkat dan pendapatkan kita berlipatganda, tapi kalau kita kehilangan waktu dengan orang-orang terdekat kita sendiri maka semua yang kita punya sama sekali gak ada nilainya.

Sudah jadi tanggung jawab kita masing-masing untuk mengatur keseimbangan kerja dan keluarga. Sehingga salah satu diantaranya tak harus terabaikan. 

Sumber : Forbes.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7267

Banner Mitra November Week 2