Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
398


Kebanyakan pebisnis mengaku kalau salah satu hal yang tersulit dalam mengembangkan bisnisnya adalah menemukan orang-orang yang tepat untuk memajukan bisnis. Pendiri salah satu mall online alias e-commerce terbesar Alibaba, Jack Ma mengaku kalau dirinya bahkan perlu waktu buat akhirnya menguasai proses rekrutmen yang efektif untuk perusahaannya.

Demi majunya perusahaan ini, Jack Ma nggak mau sembarangan buat mempekerjakan orang. Dalam pertemuan IMF di Bali beberapa waktu lalu, Jack Ma sendiri curhat tentang kesalahan yang diperbuatnya saat awal-awal menjalankan Alibaba.

“Saat mendapat pendaaan pertama sebesar USD 5 juta (Rp 75,9 miliar), saya mempekerjakan banyak wakil presiden dari perusahaan multinasional. Salah satu VP marketing memberi saya sebuah proposal dan berkata: ‘Pak, ini rencana pemasaran tahun depan’,” terangnya.

Dari perencanaan yang disodorkan oleh karyawannya ini, pekerjanya tersebut mengajukan pembiayaan sebesar USD 12 juta, dimana ini jauh melebihi anggaran yang diterima perusahaan saat itu. Menurut keterangan dari karyawannya, ia tidak pernah membuat anggaran perencanaan bisnis di bawah USD 10 juta.

Jack Ma mengakui kalau hal ini merupakan kesalahannya dalam merekrut karyawannya. Untuk itu, dikutip dari Liputan 6, ada 6 kriteria karyawan idaman yang akan ia pilih untuk tergabung dalam perusahaannya ini.

1. Bukan ahli atau pun orang terbaik

Selama ini, kita pasti berpikiran kalau untuk mendapat karir yang cemerlang, kita perlu menjadi ahli dan terbaik dalam bidang akademis. Kalau menurut bos dari perusahaan yang punya lebih dari 80 ribu karyawan di seluruh dunia, dirinya justru menghindari orang-orang terbaik dan ahli.

“Saya tidak suka mempekerjakan orang yang datang sebagai ahli karena tidak ada ahli atas masa depan, mereka hanya ahli di masa yang sudah lalu,” ungkap Jack Ma.

“Tidak ada orang terbaik. Orang terbaik selalu ada di perusahaan Anda. Andalah yang melatih mereka untuk menjadi yang terbaik.”

Jack Ma menjelaskan kalau dirinya hanya mau mempekerjakan orang-orang yang punya kesediaan hati untuk belajar dan tidak takut untuk membuat kesalahan.

2. Memiliki IQ dan EQ yang seimbang

Duncan Clark, dalam buku Alibaba: The House That Jack Ma Built, menuliskan kalau Jack ma cenderung lebih suka mempekerjakan pelajar atau lulusan lulusan yang kurang berprestasi di sekolah. Dasar dari pemikirannya ini karena menurutnya, mereka yang sekolah di perguruan tinggi dengan nama mentereng justru jauh lebih mudah stres atau frustasi saat menghadapi kesulitan di dunia nyata.

Jack Ma menyadari kalau dunia bisnis sekarang ini terus berubah, sehingga ia juga mau karyawannya terbuka dan cerdas dalam menavigasi lingkungan bisnis. Orang yang punya kecerdasan emosional, menurut Jack Ma, justru adalah pribadi yang bisa menjadi pemimpin sekaligus anggota tim yang baik.

“Anda butuh EQ untuk bekerjasama dengan orang lain. Anda perlu IQ untuk memahami yang Anda kerjakan,” terangnya.

3. Optimis

Kalau aja Jack Ma nggak optimis, pasti Alibaba nggak akan pernah bisa berdiri sebesar sekarang ini. Jack Ma menganggap kalau sikap yang positif dan optimis dapat mengantarkan seseorang pada kesuksesan. Pandangan positif juga dapat membantu kita untuk mengubah situasi yang menantang jadi sebuah keuntungan.

"Sebagai pebisnis, Anda dalam masalah jika tidak optimistis,” ujar Ma. “Oleh karena itu, orang-orang yang saya pilih harus optimistis.”

Jadi, kalau pun kita nggak punya keinginan untuk bekerja di Alibaba, setidaknya kita sudah mengetahui kriteria yang diinginkan oleh pemimpin besar sekelas Jack Ma. Punya kemampuan untuk terus memperbaiki diri, seimbang dalam kecerdasan emosional dan pengetahuan, juga optimis adalah 3 kriteria yang akan selalu kita butuhkan, di mana pun kita akan ditempatkan saat bekerja.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us