Bagi Kamu Yang Suka Naik Kendaraan Umum Tanpa Masker, Hati-hati Dengan Penyakit Bahaya Ini

Health / 2 April 2019

Kalangan Sendiri

Bagi Kamu Yang Suka Naik Kendaraan Umum Tanpa Masker, Hati-hati Dengan Penyakit Bahaya Ini

Naomii Simbolon Official Writer
2489

Makin kesini, jumlah kendaraan bermotor makin banyak saja jumlahnya di Indonesia ya, apalagi di kota-kota besar.

Dengan bertambahnya kendaraan bermotor ini, maka polusi udara pun semakin bertambah. Belum lagi polusi dari debu-debu material hasil pembangunan, debu hasil pertambangan, asap industri hingga asap kebakaran.

Ketika ruang hijau kota semakin sulit untuk ditemui, maka hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dari polusi udara adalah menggunakan penutup hidup atau masker, apalagi kamu sering naik motor dan angkutan umum kemana-mana.

Sayangnya, tidak semua orang suka atau patuh memakai masker, mereka cenderung mengabaikan hal-hal kecil itu, sementara polusi bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh loh, terutama pernapasan!

1. Kamu yang sering  tak pakai masker ditengah hiruk pikuk polusi udara di kotamu, bakal lebih gampang terserang asma loh!

Meskipun polusi udara tidak secara langsung menyebabkan penyakit asma, namun serangan asma bisa dipicu oleh tingginya polusi udara loh.

Polusi udara yang terlalu tinggi dan juga sering dihirup bisa mengakibatkan penyempitan saluran udara kecil di paru-paru dan membuat nafas kamu lebih sulit, bahkan untuk orang sehat sekalipun, apalagi bagi kamu yang punya penyakit asma.

Polusi udara rentan memicu serangan serius dan mengancam jiwa loh. Dan ngerinya, karena polusi udara, sebanyak 1,4 juta orang di Jakarta menderita penyakit asma.

2. Penyakit Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) juga bakal menghantuimu setiap saat. Asing kan namanya?

Penyakit COPD ini adalah penyakit penyempitan saluran penafasan atau penyakit paru-paru kronis dan mampu menyebar dengan cepat karena naiknya tingkat polusi udara.

Penderita penyakit ini biasanya akan merasa kesulitan dan nyeri pada saat bernafas, nafasnya berbunyi dan adanya gerakan tidak normal di bagian dada.

3. Debu-debu yang bertebaran diudara itu banyak jenisnya, terutama debu ganas yang bisa bikin kamu terkena gagal jantung.

Ketika hidungmu tidak pakai makser kemungkinan debu-debu dan berbagai zat polutan sangat bisa dengan mudah masuk ke dalam organ pernapasanmu. Salah satu debu yang berbahaya adalah debu silika bebas berupa SiO2.

Debu silika bebas ini banyak terdapat disekitar pabrik besi atau baja, keramik, pengecoran beton dan bengkel yang mengerjakan besi. Selain itu, debu silika juga banyak terdapat di tempat penampang bijih besi, timah putih dan batu bara.

Silikosis biasanya ditandai dengan sesak nafas yang disertai batuk-batuk. Tapi kalau ini, batuknya nggak berdahak ya.

Nah, kalau sudah parah, biasanya sesak nafasnya bakal lebih parah juga.

Hipertropi jantung sebelah kanan pun akan menghantui yang pada akhirnya berpotensi menyebabkan kegagalan kerja jantung.

Selain penyakit yang dibahas di atas, polusi udara juga bisa mengakibatkan kamu paru-paru basah loh.

Nah, kalau sudah begitu , sekarang lebih bijak lagi yuk buat memperlakukan sistem pernafasanmu. Pakai maskermu ya, demi kesehatanmu juga kan?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami