Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1173


Menyadari bahwa menjalani pernikahan itu sulit, gereja-gereja pun berpikir untuk memperlengkapi setiap pasangan menikah melalui retret. Kegiatan ini bahkan dinilai sebagai acara tahunan yang banyak menyelamatkan pernikahan dan memberkati para suami dan istri.

Bagi kamu yang belum pernah ikut retret pernikahan, 8 alasan ini pasti bakal bikin kamu merasa beruntung bisa ambil bagian dalam acara ini.

1. Retret pernikahan memperlengkapi suami istri untuk membangun pernikahan yang bahagia.

Di retret pernikahan, pasangan suami istri akan dilatih berbagai keterampilan menangani beragam masalah dalam pernikahan. Mirip seperti pendidikan profesi, retret membangun pasangan memiliki pendidikan atau pengetahuan yang mumpuni tentang pernikahan.

2. Di retret, pasangan menikah akan menyaksikan langsung tentang semua fakta seputar pernikahan.

Retret pernikahan adalah tempat bagi pasangan menikah membuka mata lebar-lebar tentang realitas pernikahan, entah itu dari sisi baik maupun buruknya. Sehingga suami dan istri tahu persis apa yang mereka harapkan dari sebuah pernikahan dan bagaimana mereka bisa melewati masa-masa sulit dengan cara yang tepat.

3. Suami dan istri didorong untuk menemukan visi Tuhan melalui pernikahan mereka.

Retret bisa jadi jalan menyadarkan pasangan bahwa pernikahan adalah rancangan Tuhan yang indah sehingga mereka harus membangun pernikahan ini sebagai bentuk penghormatan kepada Tuhan. Dalam artian, suami dan istri harus menyadari bahwa pernikahan itu ibarat perjanjian vs kontrak. Perjanjian itu melibatkan ikatan seumur hidup antara suami dan istri. Apa yang sudah dipersatukan Allah, tidak dapat dipisahkan oleh manusia (Matius 19: 6).

4. Memulihkan luka-luka masa lalu suami dan istri.

Retret memungkinkan pasangan suami istri pulih dari luka-luka masa lalu yang masih terus menghantui dan mengikat pernikahan. Pemulihan adalah awal penting dari membangun dan menumbuhkan kembali keintiman sejati dengan pasangan.

Baca Juga :

Ini 5 Kata Yesus Soal Pernikahan di Dalam Alkitab

Satu Tindakan Ini Paling Berat Dilakukan di Dalam Pernikahan, Kamu Pasti Setuju!

5. Retret membantu pasangan menikah mampu mengelola konflik rumah tangga.

Suami dan istri akan belajar tentang bagaimana mengelola konfilk dengan lebih baik demi mencegah ledakan pertengkaran yang bisa berujung pada kehancuran pernikahan. Biasanya pasangan akan dilatih untuk berkomunikasi dengan cara yang tepat yaitu dengan kebenaran firman Tuhan dan kasih yang lemah lembut (Efesus 4: 15).

6. Suami istri akan diajar tentang keterampilan menumbuhkan keintiman fisik dan emosional dengan pasangan.

Ikut dalam retret pernikahan akan membuat suami istri menyadari bahwa keintiman fisik dan emosional itu harus dirawat dengan baik. Berdasarkan penelitian dari ahli hubungan ditemukan bahwa ternyata keintiman secara fisik akan otomatis keluar dari emosi. Sehingga untuk tetap intim secara fisik, suami dan istri perlu menjaga emosinya tetap baik.

7. Jadi kesempatan bagi suami istri menghabiskan waktu bersama.

Retret pernikahan itu ibarat mengasingkan diri ke suatu tempat dan kembali mengisi tenaga dengan banyak belajar dari orang lain. Bagi pasangan menikah, ini adalah kesempatan untuk jauh dari anak-anak, pekerjaan dan beragam kesibukan lainnya dan mengkhususkan waktu berdua saja dengan pasangan. Dengan waktu khusus ini, suami dan istri bisa merecharge kembali perasaan cinta masing-masing.

8. Suami istri akan menyadari bahwa mereka bukan satu-satunya pasangan yang menghadapi masalah pernikahan.

Retret jadi tempat pasangan untuk bertemu dengan pasangan menikah lain yang juga butuh bantuan dalam menghadapi masalah pernikahannya. Jadi kalian tak sendirian! Bersama pasangan lainnya, kalian bisa belajar banyak hal terkait beragam kasus yang terjadi dalam pernikahan. Bukankah itu pelajaran yang sangat berharga?

Ya, pernikahan itu memang tak mudah. Karena itu ada saja pasangan yang memilih menyerah setelah beberapa tahun bahkan puluhan tahun menikah. Mereka merasa tak menemukan jalan keluar untuk memperbaiki pernikahannya. Tapi berkat kesadaran gereja akan rumitnya pernikahan dan betapa menyedihkannya sebuah perceraian, maka kegiatan-kegiatan semacam retret pernikahan pun diadakan secara rutin. Dengan harapan, retret ini bisa memperlengkapi pasangan menikah dalam menghadapi dan menyelesaikan konflik dalam pernikahan secara dewasa dan seduai dengan firman Tuhan.

Dari beragam tawaran retret pernikahan di atas, apakah kamu mulai tertarik untuk ikut? Jika kalian memang sedang menghadapi persoalan yang pelik dalam pernikahan, cobalah mencari pertolongan dari pihak gereja atau cari tahu tentang rencana retret pernikahan yang mungkin sedang diadakan dalam waktu dekat ini. Doronglah supaya pasanganmu juga ikut dalam acara ini, karena kalian harus punya pandangan yang sama soal pernikahan.

Sumber : Yourtango.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

abdul hakim 24 October 2019 - 01:40:20

Problem kartu kredit

0 Answer

abdul hakim 24 October 2019 - 01:38:15

Problem kartu kredit

0 Answer

Appolo 23 October 2019 - 08:14:30

Siapakah appolo?

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 4


7269

Banner Mitra Oktober Week 4