Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
926


Pernikahan adalah pekerjaan tim yang melibatkan suami dan istri. Mereka diharapkan bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan paling utama yaitu untuk mewujudkan kehendak Allah bagi dunia.

Berbeda halnya dengan sebuah tim dalam bisnis atau organisasi, pernikahan dirancang oleh Tuhan dari sebuah misi besar sehingga suami istri pun harus menjalankan misi tersebut sesuai dengan panduannya Tuhan.

Rasul Paulus menyampaikan kalau pernikahan adalah sarana untuk menunjukkan kasih Yesus bagi gerejanya. Pernikahan Kristen harus mewujudkan hal itu dan dibangun di atas dasar injil.

Jadi, kalau pernikahan didasarkan pada misi yang berpusat pada injil, seperti halnya bisnis didorong dari sebuah misi, maka suami istri tentunya harus menjalankan pernikahan sesuai dengan misinya Tuhan juga. Meski begitu, ada saja pernikahan yang gagal dalam beberapa bagian injil. Salah satu bagian yang paling banyak membuat suami istri gagal adalah bagian mengampuni.

Kenapa? Pengampunan adalah bentuk ujian terberat yang dihadapi banyak pasangan menikah. Pasalnya, rasa sakit hati dan kekecewaan yang disebabkan oleh salah satu pihak membuat mereka pahit hati. Cinta yang sebelumnya dirasakan, seolah tak lagi bersisa. Ada banyak faktor yang menyebabkannya seperti perselingkuhan, kemarahan, perkataan, tindakan dan perlakuan dan sebagainya.

Semua pasangan menikah pasti setuju kalau mengampuni itu gak mudah. Tapi justru hal yang sangat penting dalam pernikahan.

Baca Juga :

10 Tips Pernikahan Langgeng dan Bahagia Ala Pendeta Jarot Wijanarko

Sebulan Ditinggal Meninggal Suami, Aktris Tracy Lee Posting Kenangan Pakai Lagu Rohani Ini

Kenapa pengampunan sangat penting dalam pernikahan?

Ada banyak ayat firman di dalam Alkitab yang menyebutkan bahwa hal-hal tersulit dalam hiduplah yang akan menghasilkan pertumbuhan. Hal paling sulit ini yang dipakai Tuhan untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup kita. Karena itulah mengampuni adalah tindakan terbaik yang menawarkan kesempatan bagi kita orang-orang yang berdoa untuk menyangkali diri dan mengambil bagian dalam tindakan menyebarkan belas kasih Tuhan, sekalipun hal itu pasti sangat bertentangan dengan keinginan daging kita.

Di dalam pernikahan, baik suami istri pasti sering menelan beragam rasa sakit, frustrasi ataupun tekanan. Karena banyak diantaranya yang berpikir untuk menghindari masalah daripada menghadapinya dengan belas kasihan Tuhan. Akibatnya, tindakan memendam ini lama kelamaan akan berakar dan menjadi kepahitan yang mendalam. Kepahitan inilah yang nantinya akan menyebabkan perpecahan dalam pernikahan.

Apakah kamu setuju kalau pengampunan itu sulit? Pandanglah Yesus karena melalui Dia kita diselamatkan dari dosa. Dia bahkan merendahkan diriNya dan berkata di atas kayu salib, “Bapa, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.”

Saat kamu merasa gak sanggup melakukannya, mintalah kekuatan dari Yesus supaya Dia memberikanmu kekuatan untuk melakukannya.

Mengampuni bukan berarti membuat kita rendah

Mengakui kesalahan lebih dulu bukan berarti kita lemah. Justru, hal itu menjadi tanda kalau kita punya kerendahan hati dan sudah jadi orang Kristen yang dewasa. Kalau dunia menuntut kita untuk mempertahankan hak-hak kita, maka Kristsu meminta kita untuk mengesampingkan kepentingan kita sendiri. Dia menuntut kita untuk mementingkan kepentingan orang lain lebih dulu (Filipi 2).

Suami istri perlu menjadikan tindakan ini sebagai sebuah kebiasaan. Karena dengan mengakui kesalahan maupun mengampuni kesalahan menunjukkan bentuk kerendahan hati yang besar dalam kasih karunia Tuhan.

Pengampunan adalah penyembuh hubungan

Pengampunan adalah praktik terbaik untuk sebuah pernikahan. Karena hal itu menghasilkan penyembuhan bagi akar kepahitan yang tumbuh dan yang menimbulkan perpecahan. Karena pernikahan adalah gambaran dari injil maka rekonsiliasi adalah kunci dari pernikahan yang baik.

Dengan terus melepaskan pengampunan kepada pasangan, kamu bisa menjawab pertanyaan dunia, “Bagaimana kamu bisa memaafkan pasanganmu seperti itu?’ Kamu hanya perlu menjawab bahwa kasih karunia Tuhan itu cukup bagi semua orang.

Jadi saat kamu mulai sulit mengampuni pasanganmu, pandanglah kepada Yesus. Temukan kekuatan di dalam dia dan kejarkan pengampunan, pemulihan dan perdamaian.

Sumber : unlockingthebible.org/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2