Takut Ikut Mission Trip? Cari Tahu Lebih Dulu Apa Kata Alkitab Soal Pelayanan Ini
Sumber: cbn.com

Kata Alkitab / 26 March 2019

Kalangan Sendiri

Takut Ikut Mission Trip? Cari Tahu Lebih Dulu Apa Kata Alkitab Soal Pelayanan Ini

Lori Official Writer
3107

Sederhananya, mission trip atau perjalanan misi adalah misi pemberitaan injil kepada orang-orang yang belum mengenal Yesus sebagai Tuhan dan jalan keselamatan.

Satu-satunya alasan kenapa kita harus melakukan perjalanan misi ini didasarkan pada amanat agung dalam Matius 28: 18-20.

“Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Tuhan sendirilah yang menjamin kita mendapatkan kuasa saat memberitakan injilNya dan menjadikan kita saksi-saksi-Nya di berbagai bangsa dan bahkan sampai ke ujung dunia (Kisah Para Rasul 1: 8).

Tuhan sama sekali tidak membuat batasan-batasan tertentu bagi kita untuk melakukan misiNya. Kita sama sekali tidak punya batasan wilayah, orang, tempat atau metode untuk melakukannya. Sama seperti kita telah diselamatkan, Tuhan juga rindu semua ciptaan-Nya diselamatkan (2 Petrus 3: 9).

Baca Juga :

Yuk Ikutan Mision Trip! Ini Loh 5 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Ikut

7 Tips Rencanakan Trip Misi Jangka Pendek


Kenapa kita harus melakukan perjalanan misi?

Bermisi adalah salah satu cara kita untuk menjangkau sebuah bangsa, kota atau orang-orang yang belum mengenal Tuhan. Alasan lainnya adalah:

  • karena kita mau mengenalkan kasih Tuhan kepada yang belum percaya
  • untuk menjangkau mereka yang belum percaya
  • untuk melatih mereka yang melakukan misi mendengar suara Tuhan
  • untuk memuridkan orang Kristen lainnya, terutama kaum muda
  • untuk menjangkau yang terhilang sampai kristus datang kembali

Selain menjalankan misi kekalnya Tuhan, mission trip juga berguna untuk beberapa hal ini, diantaranya:

1. Untuk membantu gereja membangun pelayanan pemuridan seumur hidup.

2 Untuk mengubahkan perspektif dan hidup seseorang serta,

3. Untuk menghasilkan generasi yang radikal dan mau memberikan dirinya untuk Tuhan.

Sebelum gereja Tuhan melakukan mission trip, Yesus sendiri telah lebih dulu melakukannya. Yesus adalah missionaris terbesar di sepanjang sejarah Alkitab. Dia membayar harga yang sangat mahal demi menebus dosa manusia dan memperdamaikan kita dengan Allah Bapa.

Perjalanan misi ini adalah rancangan dan kerinduan Tuhan sejak dari awal. Karena itu, Tuhan mau supaya semua orang, bangsa dan kaum bahasa datang kepadaNya. Tuhan menjanjikan kepada Abraham untuk memberkati bangsa-bangsa dan melalui Yesus, Dia mau semua orang diselamatkan.

Apakah kamu takut ikut mission trip?

Apa hal yang membuatmu takut ikut perjalanan misi? Takut ditolak? Gak biasa melakukan perjalanan jauh? Masih belum berpengalaman? Takut dengan risiko di tempat tujuan misi? Ada banyak alasan lainnya.

Bagi kebanyakan orang Kristen, perjalanan misi dianggap hanya pantas dilakukan oleh orang-orang yang terpanggil menjadi missionaris. Tapi sebetulnya pemahaman ini keliru loh! Ada banyak tawaran mission trip yang bisa kita ikut, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Mission trip jangka pendek, misalnya, dibuat khusus untuk anak-anak usia remaja sampai dewasa muda. Untuk remaja, perjalanan misi ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu kurang dari seminggu sampai sebulan. Sementara untuk dewasa muda bisa mulai dari seminggu sampai kurang lebih satu tahun.

Sementara bagi mereka yang terpanggil jadi missionaris (baik pasangan maupun single). Mereka bisa melakukan pelayanan misi mulai dari setahun sampai beberapa tahun lamanya di sebuah kota atau negara.

Untuk mencoba mission trip jangka pendek, kamu bisa bergabung dalam sebuah perjalanan yang digelar oleh beberapa lembaga resmi Kristen. Kamu juga gak perlu pilih mission trip ke luar negeri, cukup ikuti perjalanan dalam negeri dulu.

Nah, kebetulan Jawaban.com juga sedang mengadakan mission trip jangka pendek loh, diantaranya:

- Solo Yogyakarta : 25-23 Maret 2019

- Bali : 18-21 April 2019

- Papua : 5-10 Juni 2019

- NTT : 4-7 Juli 2019

- Medan Brastagi, Danau Toba : 9-12 Agustus

- Batam : 19-21 September 2019

Perjalanan misi ini terbuka buat semua usia loh!

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa hubungi : 0818 0803 9229.


Sumber : Worldrace.org/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami