KPK Sita Uang Ratusan Juta di Ruangannya, Benarkah Menteri Agama Lukman Terlibat Suap?

Nasional / 20 March 2019

Kalangan Sendiri

KPK Sita Uang Ratusan Juta di Ruangannya, Benarkah Menteri Agama Lukman Terlibat Suap?

Lori Official Writer
2597

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang sebesar Rp 180 juta dan puluhan ribu dolar AS di ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada Senin (18/3) kemarin.

Penggeledahan di ruang kerja Menag ini dilakukan setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap mantan Ketum PPP Romahurmuziy yang merupakan anggota DPR Komisi XI yang bermitra kerja dengan Kemenag. Dia ditetapkan sebagai tersangka penerima suap jual beli jabatan di lingkungan Kemenag setelah menemukan uang total senilai Rp 300 juta.

Kasus ini menimbulkan dugaan jika Kemenag pusat juga terlibat dalam praktik suap tersebut. Itu sebabnya KPK melakukan operasi penggeledahan di kantor Kemenag.

Baca Juga :

Menag Minta Terjemahan Alkitab Sesuai Konteks Indonesia, Ketua LAI Sampaikan Jawaban Ini…

Akhirnya, Menag Bakal Undang Lembaga Agama Bahas RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan

Sementara, Menag Lukman menyampaikan keterbukaannya agar KPK menjalankan tugasnya sesuai proses hukum yang berlaku. Dirinya bahkan siap untuk memberikan keterangan jika dipanggil KPK.

“Apakah ini betul ada kaitannya atau tidak, masih ada waktu Menteri Agama untuk bisa melakukan klarifikasi. Kapan itu? Ya kami menunggu pemanggilan dari KPK dan Pak Menteri sudah mengatakan, ‘Saya siap kapan saja dipanggil dan saya akan hadir’, untuk melakukan klarifikasi itu,” kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Mastuki, Selasa (19/3).

Kasus ini sendiri sudah sampai kepada Presiden Jokowi. Meski tak memberikan banyak komentar, namun dirinya memerintahkan KPK melakukan penyelidikan dengan baik.

“Kita berikan kewenangan penuh kepada KPK untuk memeriksa kasus ini.” kata Jokowi.

Saat ini, KPK masih terus mendalami barang bukti yang disita dari ruang Menag. “Nanti akan kami terlusuri satu per satu bukti-buktinya, klarifikasi-klarifikasinya dan informasi-informasi lainnya yang relevan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

Meskipun keterlibatan Menag dalam kasus suap ini masih belum pasti. Tapi semua masyarakat tentu saja berharap supaya Kementerian Agama bersih dari berbagai praktik korupsi maupun suap.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami