Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1624


Sejatinya, setiap orang memiliki jam biologis yang sudah terbentuk secara alamiah. Seperti halnya biologis tubuh untuk beraktivitas dan beristirahat; pagi hingga malam untuk beraktivitas dan malam hari hingga waktu subuh beristirahat.

Normalnya sih begitu. Tapi sayangnya, sebagian besar orangtua, selalu kehilangan ritme sirkadian biologis tersebut. Alhasil mereka akan mengalami insomnia alias kesulitan tidur di malam hari.

Insomnia bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah depresi atau stres.

Orang Kristen pun kerap mengalami hal tersebut, bahkan saya sendiri.

Insomnia bisa merusak tubuh kita dan menganggu aktivitas kita.

Jadi, bagaimana pun kita harus memerangi hal ini. Salah satu caranya adalah dengan berdoa atas depresi yang kamu alami dan membaca Firman di bawah ini, supaya kamu bisa tidur dengan nyenyak.

1. Mazmur 116

"Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik kepadamu." (Mazmur 116:7)

Hafallah Mazmur ini dan perkatakan kepada dirimu sendiri ketika malam nggak bisa tidur.

Renungkan kata-kata ini, dan pikirkan bahwa kamu bisa istrahat saat ini karena kebaikanNya yang luar biasa dalam hidup kamu.

Jadikan Firman in sebagai pengingat bahwa Allah begitu menyertai kamu sampai detik malam ini. Memikirkan hal ini maka jiwa, tubuh dan pikiran kamu akan tenang.

2. Mazmur 4

"Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman." (Mazmur 4:8)

Setelah seharian sibuk, kamu akan merasa bahwa tidur adalah satu-satunya hal yang harus kamu lakukan. Rasanya pengen cepat tidur. Tetapi justru tidak! Kesibukan bikin kamu sulit untuk tidur.

Pikiranmu terpacu ke semua hal yang terjadi hari ini bahkan memikirkan hal-hal yang harus dilakukan keesokan harinya. Kamu mulai memikirkan hal-hal yang  tidak seharusnya kamu pikirin saat ini, kamu berkelana dalam pikiran yang cemas.

"Apa ya, yang akan terjadi besok? Apa ya, yang akan terjadi tahun depan? Gimana kalau sesuatu yang buruk terjadi kepada saya? Suami dan anak saya?

Bacalah Mazmur 4, itu akan menjadi pengingat kamu bahwa Tuhan yang akan memegang kendali, Dia adalah perlindunganmu, dan percayalah kepadaNya.

3. Mazmur 91

"Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu." (Mazmur 91:1,5,11)

Ketakutan mengenai sesuatu kadang membuat kita tak bisa tidur. Entah takut soal sebuah masalah yang tengah kamu hadapi, takut tentang pekerjaan dan meeting yang akan kamu lakukan besok, takut terhadap pencuri dan lain sebagainya sehingga kamu terus terjaga dan sulit untuk tidur.

Bacalah ayat ini, dan percayalah bahwa Allah akan melindungi kamu, dan membela kamu. Jika pun harus bertempur keesokannya terhadap ketakutanmu, maka berserahlah kepada Tuhan sebab Dia akan memberi kamu kekuatan untuk menyelesaikannya..

Bisa kamu bayangkan bagaimana jika kamu insomnia dan sakit? Mungkin tidak hanya pekerjaan kamu yang terkendala tetapi segala urusanpun bisa menjadi berantakan. Konsentrasi mulai terganggu dan menjadi batu sandungan kepada orang lain. Bukankah itu buruk?

Cobalah atur waktu tidurmu dan tenangkan hatimu dengan Firman itu. Tuhan ingin kamu menjagai bait suciNya yang adalah tubuhmu dengan baik!

Sumber : ibelieve.com | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3