Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1018


Perkawinan merupakan wujdu menyatukan dua pribadi ke dalam satu tujuan yang sama, yaitu kebahagiaan yang langgeng bersama pasangan hidup. Tapi, rasa cinta saja tak akan cukup dalam pernikahan karena aka nada banyak tantangan dan persoalan yang muncul mengusik kehidupan rumah tangga.

Untuk melewati semua rintangan dan hambatan ini, Pendeta Jarot Wijanarko yang merupakan hamba Tuhan yang expert dalam masalah hubungan dan keluarga ini menyampaikan 10 tips yang bikin pernikahan langgeng diantaranya:

1. Suami istri harus rela berkorban satu sama lain

Suami istri harus siap berkorban untuk pasangannya. Karena dalam hidup berumah tangga, masalah kecil pun butuh pengorbanan yang besar. Contohnya, saat istri baru sampai di pintu rumah dan merasa capek, tapi suami tiba-tiba mengeluh badannya meriang dan minta dikerokin. Tentu niat istri untuk segera istirahat harus segera dikesampingkan.

Sementara saat istri menolak untuk mengerok dan langsung beristirahat, hanya jadi bentuk dari keegoisan yang ujungnya akan berakhir pada pertengkaran. Itu sebabnya, pengorbanan itu sangat penting dalam pernikahan.

2. Tetap punya waktu untuk diri sendiri

Akan sangat menyenangkan kalau suami istri punya hobi yang bisa dilakukan bersama. Tapi tentu saja, suami atau istri juga perlu melakukan sesuatu sendirian tanpa pasangan. Punya waktu sendiri memberi kesempatan bagi pasangan untuk berpisah sementara. Dan saat itulah, masing-masing bisa merefleksikan kembali seberapa besar rasa sayang dan cinta kepada pasangan.

3. Memelihara keintiman dan romantisme

Suami istri yang sudah cukup lama berumah tangga kadang kurang peduli dengan hal yang satu ini. Kata-kata pujian atau sesuatu yang bersifat romantis seakan tak lagi penting. Padahal kunci hubungan yang sehat adalah dengan bersama-sama tetap memupuk rasa cinta dengan melakukan hal-hal sederhana yang menyenangkan.

Jadi, kalau kamu dan pasangan sudah lama tak saling menunjukkan sikap romantis, mulailah dengan hal sederhana seperti memberikan pasangan sekuntum bunga, mencium pipi, menggandeng tangan, saling memuji atau meluangkan waktu liburan bersama.

4. Pandai mengatur keuangan keluarga

Hampir setiap waktu yang dihabiskan pasangan yang tinggal di perkotaan adalah untuk bekerja. Karena bagaimanapun kondisi keuangan adalah salah satu faktor yang bisa membawa kebahagiaan dalam keluarga.

Nah, supaya kondisi ekonomi keluarga tetap stabil, suami istri harus pandai mengatur keuangan. Seperti memilih gaya hidup yang sesuai dengan pendapatan dan mulai membudayakan hidup menabung.

5. Sama-sama membagi tugas rumah tangga

Meskipun banyak pasangan yang menganut prinsip kalau suami adalah kepala keluarga yang bertugas mencari nafkah, tapi sangat penting untuk menyadari kalau sebenarnya tanggung jawab suami juga sangat diperlukan dalam berbagai situasi yang terjadi di rumah.

Membagi tugas bersama dalam rumah tangga memberikan kesempatan bagi pasangan untuk bekerja sebagai tim yang saling mendukung dan membutuhkan. Hal ini bukan hanya membangun hubungan suami istri tapi juga berdampak baik bagi pertumbuhan anak-anak.

6. Komunikasi jujur dan terbuka

Komunikasi adalah salah satu pilar langgengnya hubungan suami istri. Banyak komunikasi suami istri jadi berkurang karena mereka terlalu sibuk dengan urusan masing-masing. Akibatnya, hubungan bisa jadi hancur bahkan berujung pada perceraian. Supaya hal ini gak terjadi, alangkah baiknya bila pasangan saling berkomunikasi dengan jujur dan terbuka. Usahakan untuk selalu meluangkan waktu ngobrol dengan pasangan setiap hari apapun kondisinya.

7. Jangan memendam masalah

Ada baiknya jika suami istri segera mengutarakan semua perasaan kepada pasangan supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Misalnya, saat kamu marah tunjukkanlah kalau kamu hanya ingin dia mengoreksi kelakuannya dan sama sekali bukan untuk membenci dia sebagai pribadi.

8. Sadarilah kalau kalian adalah pribadi yang berbeda

Gak ada suami istri yang akan jadi sama dalam segala sesuatu. Bahkan setelah mereka menikah puluhan tahun pun, perbedaan itu akan selalu ada. Daripada mempermasalahkan perbedaan, akan lebih baik kalau menjadikan perbedaan sebagai bahan pelengkap satu sama lain.

9. Bersikap spontan

Kebiasaan ini bisa diterapkan kapan saja kalian mau. Misalnya, suami bisa spontan membeli bunga dan menaruhnya di meja sembari meninggalkan pesan pendek supaya sang istri membacanya. Atau spontan mengajak pasangan makan malam berdua. Hal-hal semacam ini bisa membuat hubungan kalian semakin kuat dan dekat.

10. Ingatlah hal-hal terbaik dalam diri pasangan

Sekalipun pasanganmu melakukan kesalahan, tetaplah mengingat kalau dia juga punya hal-hal terbaik di dalam dirinya. Alih-alih membesar-besarkan kesalahannya, akan lebih baik jika mengingat semua kebaikan yang ada di dalam dirinya. Sikap inilah yang bisa membantumu untuk mengampuni dan menerima pasangan dengan segala kekurangannya.

Pernikahan tak luput dari dinamika hidup. Segalanya bisa saja berubah. Tapi alasan mengapa kamu dulu sangat mencintai pasanganmu harus selalu jadi alasan untuk bisa membuatmu pernikahan kalian tetap kuat. Untuk menerapkan 10 tips di atas memang tidak mudah, tapi percayalah kunci-kunci inilah yang bisa menyelamatkan pernikahan kita.

Sumber : Buku Keluarga Jarot Wijanarko/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fadhila Eka 21 July 2019 - 20:08:48

nilai dari 5 pangkat negatif 4 dikali 5 pangkat ne.. more..

0 Answer

Wahyudi Triwiyanto 21 July 2019 - 04:17:26

Persistensi Amanat Agung

0 Answer

adrian 18 July 2019 - 21:48:14

Hutang

0 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Testify Juli Week 3


7272

Banner Fun Run Juli week 3