Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1400


Setiap tahun jutaan orang Kristen di seluruh dunia rutin mengadakan masa prapaskah, yang dimulai dari perayaan Rabu Abu dan berakhir di Minggu Paskah. Momen ini pun dirayakan selama 40 hari lamanya dengan memisahkan diri dari berbagai kepentingan dunia dan menjalani disipli rohani, entah itu dengan berpuasa dan berdoa.

Lamanya masa Prapaskah ini diambil dari lamanya Yesus berpuasa di padang gurun dan mengasingkan diri. Bagi Gereja Katolik, prapaskah dimulai sejak 6 Maret, yang ditandai sebagai Rabu Abu. Meski begitu momen penyambutan Prapaskah ini juga dirayakan oleh gereja-gereja lain.

Ada lima fakta menarik tentang masa Prapaskah yang harus diketahui orang Kristen.

Fakta 1: Prapaskah identik dengan warna ungu

Ungu adalah warna yang identik digunakan oleh semua gereja selama masa Prapaskah. Warna ini akan menghiasi tirai, altar, salib dan bahkan bunga-bungaan di gereja.

Kenapa harus warna ungu? Karena ungu dipercayai sebagai simbol dari suasana berkabung yang ditandai oleh penderitaan yang dialami Yesus di kayu salib.

Dalam kisah di Alkitab, sebelum Yesus disalibkan, Pontius Pilatus mengenakan jubah berwarna ungu kepada Yesus, sebagai ejekan dengan menyebutnya Raja Orang Yahudi (Markus 15: 17). Kedua, ungu adalah warna yang identik dengan keluarga kerajaan dan sebagai simbol dari kebangkitan dan kedaulatan Kristus. Di Roma, Tirus Ungu merupakan bentuk dari penunjuk status seseorang. Karena Tirus Ungu dikenal cukup mahal karena diekstraksi dari siput laut.

Fakta 2: Makna Rabu Abu sebagai penanda Prapaskah

Biasanya perayaan ini digelar oleh Gereja Katolik. Umat Katolik akan mengambil waktu untuk menerima penanda salib di dahi mereka yang dibuat dari abu. Abu ini sendiri merupakan simbol dari duka cita dan juga momen bagi seseorang untuk mengalami pemurnian kembali dari dosa-dosanya.

Sementara di Alkitab, praktik ini biasa dilakukan dengan mengenakan kain kabung dan abu. Di Perjanjian Lama, Daniel berkabung dengan berpuasa, mengenakan kain kabung dan abu untuk mencari pertolongan dari Tuhan atas banpembebasan bangsanya (Daniel 9: 3). Yunus juga melakukan hal serupa ketika menghadapi penduduk Niniwe (Yunus 3: 6).

Sementara di beberapa gereja, abu yang digunakan untuk perayaan Rabu Abu ini dihasilkan dari pembakaran dahan-dahan pohon palem di ibadah sebelumnya.

Fakta 3: Prapaskah ditandai dengan berpuasa dari makanan

Prapaskah juga identik dengan perayaan puasa 40 hari. Mereka yang merayakannya akan mengambil waktu untuk menjauhi makanan-makanan nikmat dan enak seperti permen, soda, gula, cokelat dan daging. Begitu juga dengan makanan tak sehat seperti rokok dan juga alkohol.

Baca Juga :

Kenapa Gereja Harus Rayakan 40 Hari Pra-Paskah?

Masa Pra-Paskah, Masa Untuk Perubahan Hidup

Fakta 4: Gereja Katolik adalah satu-satunya gereja yang rutin merayakan Prapaskah   

Berdasarkan riset yang diadakan oleh LifeWay Research, sebanyak 3 dari 10 orang Amerika mengatakan kalau mereka selalu ikut dalam perayaan Prapaskah. Umat Katolik ditemukan lebih rutin menjalankan Prapaskah dengan presentasi sebesar 61%, lalu diikuti oleh Gereja Protestan sebesar 20% dan gereja injili sebesar 28% .

Sementara itu perayaan Prapaskah dinilai tidak lagi sebagai perayaan yang populer untuk dirayakan. Karena perayaan ini identik dengan hal rohani untuk mendekatkan diri kepada kehendak Tuhan.

Fakta 5: Sejarah awal prapaskah muncul dari kota Nicea

Kata Prapaskah berasal dari kata Anglo-Saxon lencten yang artinya musim semi. Dan lenctentid diartikan sebagai bulan Maret dimana Prapaskah dimulai.

Penyebutan Prapaskah yang pertama kali dalam sejarah gereja berasal dari Konsili Nicea pada tahun 325 M.

Bagi gereja, Prapaskah merupakan momen awal menyambt Paskah yaitu peringatan akan kematian dan kebangkitan Yesus. Dan sudah sepatutnya perayaan ini disambut dengan sungguh-sungguh karena dasar terpenting di dalam kekristenan adalah pengorbanan Yesus dikayu salib untuk menebus dosa manusia. Jadi, mari ambil waktu untuk merayakan Prapaskah ini dengan khusyuk.

Sumber : Christianpost.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3