Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1086


Satu-satunya alasan paling mendasar kenapa Yesus harus mati di kayu salib adalah karena Dia mengasihi kita lebih dari yang kita bayangkan.

Dia harus rela melewati proses penderitaan; dicambuk, dipaku, dan disalibkan karena Dia ingin membayar utang dosa kita.

Bulan ini adalah masa-masa kita menyambut Paskah. Karena itulah penting sekali buat setiap orang percaya paham betul kenapa Paskah harus dirayakan.

Ada 8 alasan dibalik perayaan Paskah yang harus kita tahu sebagaimana berkaitan dengan istilah-istilah yang dituliskan dalam Alkitab ini.

1. PERTOBATAN

Paskah identik dengan PERTOBATAN. Kenapa? Karena di perayaan Paskah lah kita menyadari betul kalau pengorbanan Yesus di kayu salib adalah demi dosa-dosa kita.

Nah, sudah sepatutnya kita bersyukur atas kasih Tuhan bagi kita. Dan melalui pertobatan kita menghormati pengorbanan itu.

Pertobatan juga jadi jalan keselamatan bagi kita (Kisah Para Rasul 3: 19).

Sebagai praktinya, pertobatan gak cukup hanya mengatakan, ‘Ya Tuhan ampunilah segala dosa-dosaku.’ Sebaliknya, bertobat dalam hal ini adalah membiarkan pengampunan yang kita terima mengubahkan hidup kita.

2. PENGAMPUNAN

Tuhan selalu berbelas kasihan kepada orang-orang yang meminta pengampunan dari-Nya. Tapi Dia juga adalah Tuhan yang adil, yang dengan tegas menyatakan kalau upah dosa adalah maut. Dalam artian, taka da pengampunan tanpa pengorbanan.

Naluriah kita sebagai manusia memang akan terus berdosa, sekalipun kita sudah meminta ampun. Tapi karena kasih Tuhan, Dia akan selalu membuka pintu pengampunan atas kita (1 Yohanes 1: 9).

3. PENGORBANAN

Berkorban berarti menyerahkan sesuatu yang sangat kita kasihi. Bukan suatu kebetulan kalau penyaliban dan kebangkitan Yesus terjadi selama Paskah.

Sebagai pengorbanan yang paling penting dalam Perjanjian Lama, Paskah meluukiskan gambaran yang paling jelas tentang pengorbanan terbesar yang pernah ada. Dimana Allah Bapa sendiri mengorbankan putraNya Yesus Kristus untuk menyelamatkan umat manusia dari maut (Filipi 2: 8).

Karena itulah, Paskah identik dengan tindakan menyerahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan sebagai korban yang hidup (Roma 12: 1).

4. KESELAMATAN

Ada banyak orang yang ingat Tuhan hanya waktu mereka dalam masalah atau dalam bahaya. Di Perjanjian Lama, umat Tuhan sendiri melakukan hal ini. Mereka meminta pertolongan dari Tuhan supaya dilepaskan dari tangan musuh-musuh mereka.

Orang-orang di jaman ini kurang lebih juga melakukan hal yang sama. Tapi benarkah kita hanya perlu Tuhan di saat-saat genting saja? Sama sekali tidak! Kita butuh Tuhan di sepanjang hidup kita.

Karena itulah, Allah sendiri melakukan operasi penyelamatan dengan mengutus Yesus ke dunia untuk menyelamatkan kita dan membayar hukuman atas dosa sekali untuk selamanya (Yohanes 3: 16-17).

Lewat penyaliban Yesus, jurang pemisah antara manusia dan Allah dihancurkan. Sementara kebangkitan-Nya jadi bukti bahwa kita sudah jadi orang-orang yang merdeka. Karena itulah kita harus merayakannya.

5. SALIB

Salib adalah simbol dari operasi penyelamatan Allah atas dunia. Salib identik dengan Yesus dan pengorbanan-Nya (Yesaya 53: 5). Tanpa kematian Yesus, kita tidak akan mewarisi keselamatan dari Allah. Dia meminta kita untuk memikul salib kita sendiri, menyangkal diri kita dan mengikut Dia (Markus 8: 34).

Baca Juga :

Ini Pentingnya Pengakuan Dosa di Momen Prapaskah

Ini Makna Darah Yesus yang Tercurah di Kayu Salib di Perayaan Paskah

6. KUBURAN

Kuburan Yesus yang sudah kosong jadi bukti bahwa kita tak perlu takut akan kematian. Karena lewat kebangkitan Yesus sendiri kita sudah menaklukkan maut.

Kebangkitan Yesus telah memberikan kita hidup yang baru bahkan setelah tubuh kita binasa (Roma 6: 4).

Dalam hal ini, setiap orang yang percaya secara roh akan terangkat ke surga.

7. KEBANGKITAN

Kebangkitan adalah hasil akhir dari perjalanan Yesus (1 Petrus 1: 3-5). Roh Kudus berperan besar menghidupkan Yesus kembali dari kematian. Roh Kudus yang samalah yang tinggal di dalam orang-orang percaya. Inilah alasan kenapa kita merayakan Paskah dengan sukacita.

8. YESUS

Yesus membayar hukuman atas dosa manusia di kayu salib. Dia dikubur di sebuah makam batu yang bahkan diberikan oleh seseorang.

Yesus menampakkan diri kepada murid-muridNya dan kemudian terangkat ke surga setelah 40 hari berada di tengah-tengah mereka. Dia juga berjanji akan kembali lagi ke dunia.

Setiap perkataan dan teladan hidup Yesus menunjukkan kepada kita bagaimana kita harusnya menjalani kehidupan. Melalui kelahiran, kehidupan, kematian dan kebangkitannya, Yesus menggenapi ratusan mbuatan dalam Perjanjian Lama bahwa Mesias akan datang, seorang juru slamat dunia (1 Timotius 4: 10).

Dari keseluruhan istilah ini, poin utama dalam perayaan Paskah adalah bagaimana kita mengkhususkan waktu untuk mengingat kembali peristiwa pengorbanan Yesus dan memberikanNya penghormatan tertinggi atas segala hal yang sudah Dia lakukan bagi hidup kita.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.” (Yohanes 3: 16-17)

Sumber : Godlife.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3