Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2734


Pertanyaannya adalah ‘Apakah doa secara korporat (bersama-sama) itu penting? Apakah doa korporat itu lebih berkuasa dari doa perorangan?’

Doa koporat (bersama-sama) adalah bagian penting dari kehidupan gereja, dibarengi dengan ibadah, pemahaman Alkitab yang benar dan persekutuan yang baik. Gaya hidup berdoa bersama dan bersekutu seperti inilah yang dilakukan gereja mula-mula melakukan hal ini setiap hari secara teratur (Kisah Para Rasul 2: 42). Saat kita berdoa secara korporat dengan orang percaya lainnya, efektifnya bisa sangat positif.

Doa korporat bisa membangun dan menyatukan gereja Tuhan yang hidup dalam iman. Roh Kudus juga akan diam di dalam setiap orang percaya sehingga kehidupannya akan memancarkan sukacita dan damai sejahtera.

Sama halnya seperti mendengar orang lain memuji Tuhan, berdoa bersama juga akan mendorong kita supaya menjadi pribadi yang berkenan di hadapan Tuhan dengan penuh kerendahan hati (Yakobus 4: 10), kebenaran (Mazmur 145: 18), ketaatan (1 Yohanes 3: 21-22) dan keyakinan (Ibrani 4: 16).

Baca Juga :

Ini 5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Fasih Berdoa

Leonard Gunawan, Bandar Sabu yang Bertobat Karena Doa Ibu

Walaupun begitu, Alkitab tak pernah menyebutkan kalau doa korporat itu jauh lebih kuat dari doa pribadi. Karena doa-doa di dalam Alkitab sendiri mencakup soal semua keinginan yang dipanjatkan dalam persekutuan yang sadar dan intim dengan Tuhan. Doa seperti inilah yang membuat Tuhan menyendengkan telinga-Nya dan mencurahkan berkatNya dalam:

  • kelimpahan (Mazmur 27: 4; 63: 1-8)
  • menghasilkan pertobatan dan pengakuan yang tulus (Mazmur 51; Lukas 18: 9-14)
  • meluapnya rasa ucapan syukur (Filipi 4: 6; Kolose 1: 12)
  • menghasilkan doa syafaat yang tulus untuk kepentingan orang lain (2 Tesalonika 1: 11; 2: 16).

Ada dua alasan mendasar kenapa doa korporat itu sangat penting dalam kekristenan.

Pertama, kita dipanggil untuk berdoa bagi gereja-Nya

Tak ada orang yang dipanggil Tuhan bekerja sendirian tanpa bantuanNya. Kita gak punya kemampuan untuk membuat orang berdosa hidup di dalam Kristus (Efesus 2). Kita gak punya kemampuan untuk mengubah orang percaya menjadi serupa gambaran Kristus (2 Korintus 3: 18). Kita butuh Roh Kudus supaya bisa mengalami pertumbuhan dan kehidupan baru. Karena itulah kita harus selalu tergantung kepada Dia dan semakin dekat dengan Dia.

Satu-satunya cara untuk menumbuhkan hubungan dengan Tuhan adalah melalui doa. Apakah kamu mau gereja yang kamu bangun bertumbuh? Apakah kamu mau melihat gerejamu melakukan hal-hal yang besar untuk kemuliaan Tuhan dan kebaikan orang-orang?Hal itu akan terjadi kalau gereja mengandalkan Roh Kudus. Berdoalah secara korporat dengan mengakui betapa gereja sangat membutuhkan pertolongan Tuhan. Percayalah, saat kita berdoa seperti ini, Tuhan pasti akan menjawab doa kita.

“Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Lukas 11: 13)   

Kedua, kita dipanggil berdoa untuk kepentingan dunia

Tak ada yang menjanjikan kalau dunia itu akan semakin baik. Tapi firman Tuhan dengan jelas menyampaikan kalau dunia akan semakin jahat. Dunia akan dipenuhi dengan ketidakdilan, bencana alam dimana-mana, pelecehan, kemiskinan, perpecahan politik, sekulerisme, kedatangan nabi-nabi palsu, dan semakin banyaknya orang-orang yang berpaling dari Tuhan.

Dengan beragam keadaan inilah, Tuhan memanggil gerejaNya untuk berdiri secara korporat bagi dunia.

Ada dua hal yang bisa dilakukan gereja bagi dunia yaitu memberitakan injil kepada semua orang yang belum percaya dan berdoa bagi mereka.

Tuhan memanggil gereja untuk berdoa bagi dunia. Alkitab memanggil kita untuk berdoa supaya Kerajaan Allah hadir di dunia sehingga semua bangsa dan suku bangsa mengenal Dia (Matius 6: 10). Tuhan memanggil kita berdoa bagi para pemimpin bangsa dan semua orang yang duduk di posisi tertinggi. Karena jika para pemimpin ini adalah orang-orang yang takut akan Tuhan, maka mereka pasti akan memerintah dengan hikmat Tuhan dan menhadirkan kedamaian dan kesejahteraan bagi orang-orang yang dipimpinnya.

Doa korporat seharusnya adalah doa yang kita panjatkan untuk kepentingan orang lain. Entah itu kepentingan kerajaan Allah di dunia, kemajuan bangsa, keselamatan orang lain dan juga untuk kesejahteraan sebuah kota.

“Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya” (Matius 21: 22)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3