Gak Fasih Berdoa? Yuk Bisa Yuk Mulai Dengan 5 Kebiasaan Ini...
Sumber: The Guardians

Kata Alkitab / 3 August 2021

Kalangan Sendiri

Gak Fasih Berdoa? Yuk Bisa Yuk Mulai Dengan 5 Kebiasaan Ini...

Lori Official Writer
13275

Doa adalah fondasi kehidupan orang Kristen. Bisa dibilang, doa ibarat napas hidup yang tanpanya tentu saja kita akan mati. Saking pentingnya doa, Yesus sendiri mengajarkan murid-murid-Nya soal cara berdoa yang benar.

Walaupun katanya berdoa itu hanya sesederhana ngobrol dengan Tuhan. Tapi Alkitab sendiri memberikan panduan yang sangat jelas soal bagaimana harusnya kita berdoa.

Sayangnya, ada saja banyak orang Kristen yang merasa sulit berdoa. Mereka mengaku gak terbiasa dan kalau disuruh doa rasa-rasanya ada kecanggung. Ada juga yang malah harus menghafal atau mengarang kata-kata yang harus disampaikan dalam doa.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang merasa gak fasih berdoa atau merasa doanya itu-itu aja, mungkin kamu perlu melatih kebiasaan berdoamu. Karena gak ada orang yang bisa berdoa dengan fasih dan powerful kalau dia gak melatih dirinya sendiri.

 

Baca Juga: 3 Doa Yang Dikabulkan Tuhan, Walau Jawabannya Tak Seperti Yang Kita Inginkan

 

Buat kamu yang mau mengalami bagaimana Tuhan bekerja dalam hidupmu lewat doa-doamu, lakukanlah 5 kebiasaan sederhana ini yuk.

1. Buat jadwal doa yang teratur setiap hari

Kamu gak harus menghabiskan waktu berdoa sampai berjam-jam. Karena itu, ambillah waktu doa secara teratur setiap hari minimal selama 3-5 menit. Waktu ini cukup untuk melatihmu berkomunikasi dengan lebih mendalam dan terfokus dengan Tuhan.

Sangat disarankan untuk memilih beberapa waktu doa ini:

  • Tepat setelah bangun tidur. Nah, pastikan untuk mengambil waktu doa sebelum kamu beranjak dari tempat tidur dan mulai melakukan rutinitas harianmu.
  • Setelah membaca Alkitab. Waktu ini bisa jadi momen untuk merefleksikan kembali firman Tuhan yang baru saja kamu baca. Kamu bisa saja berdoa supaya Tuhan menolongmu untuk mampu melakukan firman-Nya dalam hidupmu. Lalu mulailah mengarahkan doa untuk hal-hal yang lain.
  • Sebelum tidur. Ini adalah waktu berdoa yang juga sangat baik. Karena saat semua orang sudah mulai terlelap, kamu bisa mengambil waktu sejenak untuk berdoa di atas kasurmu. Berkomunikasilah dengan Tuhan seleluasanya kamu. Misalnya, ucapkan terima kasih atas perlindungan dan berkat-Nya sepanjang hari itu.

2. Ambil waktu doa yang lebih fleksibel

Berdoa itu bisa dilakukan dimanapun. Kamu gak perlu harus pergi ke kamar dan mengurung diri di sana supaya kamu bisa berdoa.

Menjadi orang Kristen, artinya melibatkan seluruh akivitas dan kehidupan setiap waktu kepada Tuhan. Jadi, tak terkecuali di manapun kamu sedang berada. Misalnya, waktu di perjalanan, waktu di kantor, waktu di luar, atau waktu belanja. Kamu bisa berdoa di dalam hatimu dengan mengungkapkan isi hatimu dengan jujur kepada Tuhan.

Berdoa dengan cara yang fleksibel sangat efektif untuk melatih kita berdoa dengan leluasa kepada Tuhan. Kalau cara doa ini sudah jadi kebiasaan, yakinlah kamu pasti gak bakal sungkan atau bingung berdoa apa kalau harus disuruh orang lain.

3. Selalu fokuskan pikiran kepada Tuhan

Berdasarkan pengalaman banyak orang, diantaranya mengaku kalau kadang kala waktu berdoa mereka suka gak fokus karena pikirannya mengembara kemana-mana. Kalau hal itu terjadi, mintalah Roh Kudus bekerja atas pikiranmu. Saat Roh Kudus sudah bekerja di dalam diri seseorang, maka kita pasti tidak akan berdoa tanpa arah dan tujuan. Roh Kudus akan menuntun kita berdoa untuk sesuatu yang penting.

 

Baca Juga: Saat Merasa Tuhan Jauh, Kamu Harus Tahu Satu Fakta Ini

 

4. Dorong dirimu berdoa untuk satu hal

Ada banyak orang yang dibentuk menjadi pendoa yang powerful setelah membiasakan diri berdoa secara teratur untuk satu hal. Satu hal itu bisa untuk keluarga, seseorang, bangsa, kota, gereja, orang sakit dan sebagainya.

Atau kamu juga bisa berdoa untuk hal-hal yang tiba-tiba kamu lihat. Mungkin untuk setiap kendaraan yang lalu lalang di jalanan. Setiap orang yang lewat rumah dan sebagainya. Ada banyak hal di tengah rutinitas kita yang bisa jadi bahan untuk kita doakan.

5. Nikmati doa dalam diam

Katanya, doa itu juga bukan melulu soal menyampaikan permintaan atau permohonan kita ke Tuhan. Tapi doa itu bicara soal bagaimana kita juga mau mendengar suara Tuhan dengan jelas. Berdoa dalam diam adalah hal yang tentu saja sangat sulit. Tapi biasakanlah dirimu mengambil beberapa menit untuk hanya diam dan mendengar suara Tuhan. Biarkan Dia berbicara secara langsung ke dalam hatimu.

 

Baca Juga: Sakit Tahunan Sembuh Karena Berfokus Kepada Tuhan!

 

Yesus sendiri mengajar kita untuk berdoa melalui kebiasaannya setiap hari. Di Markus 1: 35 dikatakan, “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.”

Yesus sendiri suka berkomunikasi dengan Bapa Surgawi. Kebiasaan inilah yang harus kita teladani.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami