Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
412


Siapa sih yang nggak senang dengan jalan-jalan ke luar negeri? Apalagi jika ongkos perjalanan kamu ke sana dibayarin oleh keluarga. Asssik!

Namun, perasaan bahagia dan suka cita itu bisa saja berubah 180 derajat ketika kamu kehilangan pasport di negara orang. Duh, gimana? Kamu nggak bisa pulang dong!

Nggak cuma bikin semua orang repot, kamu juga harus mengorbankan waktu, uang dan tenanga kamu utnuk membereskan masalah tersebut. Bisa-bisa kamu di anggap warga ilegal loh. Belum lagi pas kembali ke kampung halaman, di mana kamu harus sesegera mungkin bikin paspor pengganti dengan biaya yang lebih besar dari biasanya. Duh, repot banget ya!

Jangan langsung kuatir. Jika memang musibah paspor hilang terjadi pas kamu lagi liburan di luar negeri, maka kamu bisa ngikuti panduan di bawah ini!

1. Tenangin diri kamu dulu, lalu berdoa

Pertama-tama, kamu memang harus tenangin diri dulu. Jangan langsung panik, lalu kamu berdoa , dan berpikir jalan keluar apa yang akan kamu lakukan. Karena, kalau kamu berpikir dengan kondisi panik banget, bisa-bisa kamu salah ambil keputusan dan urusan jadi makin runyam.

2. Setelah kamu merasa tenang, kamu langsung ke kantor polisi dan bikin pelaporan mengenai ini.

Langkah kedua setelah menyadari pasport kamu hilang adalah dengan melaporkan diri kamu atas kehilangan paspor ke kantor polisi terdekat.

Berikan informasi sedetail mungkin mengenai kronologi kejadian tersebut.

Mungkin mereka akan memintai keterangan kepada kamu dan dibuat laporan.

Jadi pastikan memberi detail diri kamu yang sesuai dengan data di paspor ya, karena itu akan memudahkan pelaporan dan pencarian data kamu di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor kasus, mencatat nama petugas polisi serta nomor teleponnya pas melakukan pelaporan ya.

Biar lebih gampang mengkonfirmasikan atau memberi klarifikasi ketika pihak KBRI meminta informasi tambahan soal kehilangan tersebut.

Satu lagi, jangan lupa untuk membawa formulir atau surat lapor kehilangan paspor kamu yang sudah di legalisasi pas mau melapor ya!

3. Setelah melapor, kamu bisa mendatangi KBRI secara langsung

Pertanyaannya, apakah kamu akan kesana terus menerus? Lantas gimana jika lokasinya jauh dari tempat penginapan kamu? Maka solusinya adalah kamu bisa mendatangi Kosulat Jenderal Republik Indonesia di sana.

Lalu, ajukan permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), sebagai pasport sementara yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti paspor selama perjalanan kamu.

Untuk mengajukan dokumen pengganti paspor ini, kamu harus penuhi beberapa syarat:

* Membawa kartu identitas seperti KTP, kartu keluarga atau akta lahir

* Foto copy paspor sebelumnya

* Surat keterangan hilang dari polisi negara setempat

* Formulir SLP yang sudah terisi dengan data lengkah serta tanda tanganmu.

* Membayar biaya permohonan SLP sesuai dengan kebijakan masing-masing negara

* 2 lembar pas foto ukuran 4x6 dengan latar belakang terang.

Setelah siapikan data  itu, baru deh kamu bisa membawa SPLP kamu ke KBRI untuk di urus surat pengganti paspor.

Berapa lama penyelesaiannya, tergantung kelengkapan data kamu.

Jadi pastikan lengkap ya!

 

Nah, sudah tahu kan gimana prosedur yang harus kamu lakukan untuk urus paspor hilang pas di luar negeri.

Ingat loh ya, setelah di Indonesia jangan lupa langsung urus paspor pengganti, biar bisa liburan ke luar negeri lagi.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7272

advertise with us