Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1071


Bisa dibilang sebagian besar penduduk di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara merupakan keturunan dari suku Kei. Kebanyakan diantaranya juga menganut agama Kristen.

Untuk mendukung penyebaran kekristenan di wilayah tersebut, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menyampaikan dukungannya dan pemerintah daerah (pemda) terhadap proses lokakarya penerjemahan Alkitab dalam bahasa Kei.

Thaher menilai bahwa Alkitab terjemahan bahasa Kei ini juga nantinya bisa jadi cara untuk melestarikan budaya Kei itu sendiri. “Dengan memiliki Alkitab terjemahan bahasa Kei, berdampak pada lestarinya budaya Kei,” kata Thaher, seperti dikutip Tribun-maluku.com, Minggu (17/2/2019).

Sementara proses pengerjaan lokakarya penerjemahan Alkitab ini sudah resmi dibuka di Gereja Gekari Pondok Daud Langgur. Rencananya, Alkitab nantinya akan diterjemahkan dalam tiga bahasa yaitu dalam bahasa suku Kei, Aru dan Tanimbar. Pengerjaan proses terjemahan ini nantinya akan dilakukan bersama Gekari Pondok Daud dan Wicklife Manado.

Dengan terjemahan Alkitab bahasa suku ini, dirinya berharap bisa mendukung penyebaran iman Kristen kedalam berbagai budaya.

“Proses masuk dan berkembangnya imam Kristen melalui misi-misi gereja selalu dilakukan dengan memasukkan budaya Kristen ke dalam budaya lainnya yang disebut inkulturasi dan secara spesifik di dalam gereja dikenal dengan kontekstualisasi,” ucapnya.

Baca Juga :

Terjemahan Alkitab Kamerun Libatkan Penduduk Asli

Menag Minta Terjemahan Alkitab Sesuai Konteks Indonesia, Ketua LAI Sampaikan Jawaban Ini…

Kontekstualisasi ini sendiri menjadi misi pewartaan yang disampaikan dengan cara-cara persuasi dan adaptasi yang mengutamakan penghormatan terhadap budaya, karakter,dan ciri masyarakat setempat.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan adanya Alkitab dalam bahasa daerah, maka akan semakin meningkatkan kecintaan umat pada ajaran dan firman di dalam Alkitab disamping juga sebagai sarana untuk meningkatkan kecintaan umat kepada adat dan budayanya sendiri, yang merupakan esensi dari pewartaan yang kontekstual sebagaimana yang telah disebutkan,” terangnya.

Kehadiran Alkitab bahasa Kei ini juga rencananya bisa jadi sarana untuk menumbuhkan kegiatan ibadah di Kabupaten Buleleng, Maluku Tenggara yang akan dilakukan dengan kerja sama para pemuka agama.

Ya, semoga semakin banyaknya penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa suku di Indonesia akan membuat nama Yesus dikenal oleh segala suku dan bangsa.

Sumber : Tribun-maluku.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3