Inta

Official Writer
769


Melalui unggahan Instagram Storynya, Miss International 2017, Kevin Liliana mengalami pelecehan seksual saat sedang menunggu taksi di sekitar apartemennya. Wanita berusia 23 tahun ini mengalami pelecehan seksual yang sering disebut sebagai 'catcalling'.

Buat yang asing dengan istilah ini, catcalling merupakan keadaan saat kita dipanggil-panggil atau digoda saat sedang berada di jalan. Meskipun hanya sebatas verbal, yang bahkan dianggap sebagai bahan bercadaan, tetap saja catcalling ini merupakan sebuah tindakan pelecehan seksual.

Ketika Kevin Liliana sedang menunggu taksi di depan apartemen, tiba-tiba ada seorang pengemudi mobil yang sibuk membunyikan klaksonnya. Begitu ia menengok ke belakang, pengemudi tersebut justru melakukan tindakan yang membuatnya tidak nyaman.

Karena tidak bisa tinggal diam, Kevin langsung menghampiri pria tersebut dan mengetuk kaca mobilnya. Namun, tanggapan dari si pengemudi ini hanyalah diam dan pura-pura tidak melihat soosk Kevin. Satpam yang saat itu sedang berada di sekitar pun tidak komentar banyak dan melihat ke arah Kevin dengan tatapan bingung.

Padahal, menurut Kevin, dirinya saat itu mengenakan pakaian yang sopan dan tidak minim. Kisah Kevin ini kemudian menjadi viral dan banyak wanita yang mulai membagikan kisah pengalamnnya saat mengalami catcalling ini.

Biasanya, korban dari catcalling ini adalah wanita. Ketika kita mengalami hal yang sama dengan Kevin, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

Hindari kumpulan atau gerombolan lelaki saat sedang berjalan. Kebanyakan catcall dilakukan oleh para pria secara berkelompok dan menjadikan tindakan ini sebagai sebuah bahan ejekan.

Beranikan untuk menatap mata mereka. Ketika mengalami situasi ini, kebanyakan orang akan langsung berjalan cepat dan menunduk. Kalau memang kita diharuskan melewati segerombolan lelaki, cobalah berhenti di tempat sejenak dan tengok ke arah mereka.

Banyak orang yang mengungkapkan kalau cara ini bisa bikin nyali para pelaku ciut untuk melakukannya kembali pada kita. Tentu saja mereka akan kaget, sebab tidak menyangka reaksi yang akan didapatnya tersebut.

Anggaplah sambil lalu. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah langsung mengalihkan pandangan pada handphone. Cara-cara di atas bisa dilakukan dengan baik kalau sikap kita percaya diri.

Nah kalau ada salah satu dari kita yang pernah menjadi pelaku, baiknya tidak melakukannya lagi, ya. Di beberapa negara, tindakan ini bisa dianggap melanggar hukum, lho. Lagi pula, kisah Kevin yang mengalami catcalling ini mengingatkan kita pada pengajaran Kristus dalam Matius 5:28, "Tetapi aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya."

Jadi, tindakan catcalling yang mengganggu ini tidak bisa dibenarkan. Meskipun hanya dianggap bahan guyonan, tetap saja kita telah berpikir untuk melakukan hal yang tidak baik pada si pelaku. Jadi, yuk sebarkan kabar ini pada banyak orang, agar tidak ada lagi yang  mengalami hal seperti Kevin Liliana. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us