Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1014


Siapa sih yang gak sakit hati diputusin sama mantan. Semua orang mengalaminya, apalagi kalau diputusin pas lagi sayang-sayangnya. Pastinya ada timbul rasa marah ke mantan karena kamu ngerasa gak terima dengan semua hal yang dia lakuin sama kamu. Rasa marah itu lama kelamaan berubah jadi rasa dendam. Ada keinginan kuat di hatimu untuk membalaskan dendam atas apa yang dia perbuat.

Tapi sebelum melakukan tindakan itu, jawablah apakah balas dendam itu benar-benar ide yang bagus? Sebelum kamu melakukannya baca dulu kisah siswi SMK Bogor ini.

Andriana Yubelia Noven adalah seorang pelajar asal Bandung yang tinggal di Bogor. Dia ditemukan tewas bersimbah darah di sebuah gang sempit dekat dengan tempat kosannya di Jalan Riau, Kelurahan Baranangsiang, Bogor. Dugaan sementara, siswi 17 tahun dibunuh karena motif dendam mantan kekasih. Hal ini diperkuat dengan penangkapan seorang pria berinisial S yang mengaku mantan kekasih Noven.

Menurut rekaman CCTV, pelakunya adalah seorang pria berkaos biru dan celana hitam. Pria yang tampak memiliki tato di bagian lengannya itu sedang menunggu di gang dan segera menyerang Noven ketika hendak melintas.

Kasus pembunuhan yang diduga karena dendam ini jadi salah satu kasus nyata yang terjadi akibat motif dendam ke mantan. Ada banyak orang yang harus berujung di penjara karena tindakan balas dendam yang dilakukan ke mantan.

Salah satu alasan kenapa dendam ke mantan itu gak baik adalah karena hal itu hanya merugikan diri kita sendiri. Dendam membuat mata hati kita dibutakan. Waktu kita membiarkan hati kita dipenuhi dengan kemarahan, maka si iblis akan mulai masuk dan memanfaatkan hal itu untuk mmebuat kita jatuh dalam perangkapnya. Tindakan melakukan kejahatan seperti membunuh adalah hal yang paling mengerikan yang bisa dilakukan oleh seseorang yang menyimpan dendam kepada orang lain.

Kamu bisa bayangkan sendiri akibat dari membunuh. Ini adalah dosa yang paling dibenci Tuhan. Dan kita juga akan menderita sepanjang hidup karena rasa bersalah.

Selain alasan itu, dendam ke mantan hanya akan menyakiti diri kita sendiri. Kita akan merasa kalau kita tak berharga. Kita akan kehilangan citra diri kita sebagai anak Tuhan yang dikasihi. Akibatnya, kita gak lagi fokus mengejar hal-hal penting dalam hidup. Sebaliknya, justru mengurung diri dalam rasa sedih dan tak layak. Hal inilah yang banyak menyebabkan orang-orang yang patah hati memilih bunuh diri. Mengerikan bukan?

Tuhan sendiri menawarkan kita untuk jadi orang-orang yang dengan rendah hati mengampuni. Dia menawarkan konsep pengampunan sebagai jalan satu-satunya untuk bebas dari rasa dendam.

“Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.” (Efesus 4: 31-32)

Nah, buat yang lagi nyimpan sakit hati atau dendam-dendaman sama mantan. Jangan sampai ngalami kisah siswi SMK Bogor di atas ya.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ignatius Banton Patria 17 February 2020 - 09:15:41

peranan istri

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer

Maya panjaitan 16 February 2020 - 10:58:39

Saya mau minta doa

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (2)