Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
228


Salah satu yang kita cari dalam pertemanan adalah saat mereka bersedia menyediakan waktu untuk mendengarkan dan saling berbagi cerita. Ada banyak hal yang bisa kita ceritakan, mulai dari kebiasaan, kesukaan, keluarga, pendidikan, pekerjaan, dan beragam hal lainnya.

Ketika kita sedang asik-asiknya menjalin hubungan tersebut, bagaimana kalau mendapati ada salah satu teman yang ngomongin kita di belakang?

Namanya diomongin itu pasti nggak enak. Mending kalau isinya baik-baik dan sesuai dengan kebenaran, kalau tidak, bisa jadi bergosip dan memperkeruh hubungan kita dengan orang lain. Biar nggak salah langkah, yuk sikapi dengan cara ini.

1.  Jangan panik, nggak usah cepat-cepat menyimpulkan keadaan

Namanya juga ngomongin di belakang, pasti kesannya negatif buat kita. Hal ini biasanya terjadi ketika ada orang yang kurang senang dengan sikap kita, atau justru terjadi kesalahpahaman antara kita dan teman. Kalau kita buru-buru menyimpulkan keadaan, bisa jadi kita jadi ikutan salah paham. Bagaimana pun, pemikiran yang positif itu perlu banget agar kita bisa mengambil tindakan yang pas.

2.  Cek kebenarannya

1 Tesalonika 5:21, "Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik."

Ayat di atas sudah cukup jelas agar tidak langsung menuduh teman kita tersebut yang tidak-tidak. Kita perlu mencari tahu kebenarannya. Ambillah waktu untuk mengumpulkan informasi yang lengkap tentangnya. Namun, perlu juga untuk kita berhati-hati saat bertanya pada orang lain, sebab kalau salah paham, bisa-bisa orang lain justru ikut menganggap bahwa kita sedang menyebarkan isu yang kurang baik.

3.  Jadilah pribadi yang dewasa

Kita pasti tahu kalau masalah hadir untuk menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih dewasa. Jangan sampai karena emosi setelah tahu diri sendiri jadi bahan perbincangan orang lain, kita jadi ngomongin orang tersebut balik.

Kalau begitu sih, apa bedanya kita dengannya? Kalau ngomonginnya yang buruk-buruk, selain menegurnya secara langsung, kita juga bisa menunjukkan langsung lewat sikap, bahwa pemikirannya yang buruk tentang kita itu tidaklah benar.

Baca juga: Biar Hubungan Makin Erat, Stop 4 Pemikiran Tentang Menyenangkan Orang Lain Ini!

4.  Petik pelajarannya

Pasti deh, setelah mengalami hal yang seperti ini, kita jadi bisa melihat sesuatu dari sudut pandang lain yang kemudian menjadikannya sebagai pelajaran buat kita. Pengalaman diomongin di belakang ini bisa bikin kita jadi lebih berhati-hati dalam bersikap dan bersuara, juga bisa membuat kita jadi lebih bijak dalam membagikan kisah kita pada orang lain.

5.  Komunikasikan!

Kalau dikomunikasikan dengan tepat, bertanya langsung pada orang tersebut bisa memperbaiki hubungan kita dengannya lho. Kalau sudah diuji dan ternyata orang tersebut ngomongin yang tidak benar tentang kita, cobalah untuk mengungkapkan padanya tentang maksud tindakannya tersebut.

6.  Perbaiki diri sendiri

Setiap orang pasti pernah menilai baik-buruknya orang lain. Ada sifat-sifat tertentu yang mungkin tidak sesuai atau tidak disukai oleh orang lain. Misalnya orang lain ngomongin tentang sifat kita, mungkin ini waktunya agar kita mengambil waktu untuk instrospeksi diri.

Terakhir, kita harus bisa move on dari kejadian ini. Larut dalam permasalahan ini tidak akan membawa kita kemana pun. Carilah lingkaran pertemanan positif, yang bisa membuat pribadi kita bertumbuh.

Sumber : gogril/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us