Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
525


Mulutmu adalah harimaumu. Sering nggak mendengar pepatah ini? Sering dong.

Memang benar, dimana pun kamu berada, dan kapanpun itu, kita wajib belajar gimana caranya menjaga tutur kata kita. Baik itu di lingkungan komunitas, keluarga atau pun pekerjaan kita. Salah-salah ngomong bisa menyakiti hati orang lain, bahkan menurunkan kredibilitas kita di mata atasan atau rekan kerja ketika di kantor.

Nggak ada yang mau begini kan?

Ketika kamu berada di lingkungan mana pun terutama lingkungan pekerjaan, usahain deh untuk tidak mengucapkan kalimat dibawah ini :

1. Meskipun kamu nggak salah, jangan sampai mengeluarkan kata-kata 'ini bukan salah saya, tapi...'

Ayolah, menyalahkan orang bukan ide yang baik. Meskipun ini bukan salah kamu, bukan berarti kamu harus menyalahkan orang lain alih-alih menyelamatkan dirimu.

Jika kamu benar-benar terlibat suatu kekacauan di dalam kantor, seberapa kecil pun kamu terlibat, sebaiknya akuilah.

Jika kamu nggak terlibat, jelaskan apa yang terjadi tanpa harus memihak kepada siapapun.

Beberkan saja fakta yang kamu tahu dan biarkan atasanmu sendiri yang menarik kesimpulan tentang siapa yang salah dalam situasi ini.

2. Karena nggak bisa melakukan sesuatu, kamu selalu saja mengatakan 'Duh, saya nggak bisa.'

Nggak semua orang mengira bahwa pernyataan jujur kamu soal 'nggak bisa' adalah benar. Sebagian orang mengira, jawaban itu adalah ungkapan bahwa kamu nggak bersedia mengerjakan tugas yang diberikan oleh rekan atau atasan kamu, misalnya.

Jika kamu memang nggak bisa mengerjakannya karena bukan keahlian kamu, setidaknya tawarkan alternatif solusi.

3. Apapun alasannnya, jangan sampai mengeluarkan kata-kata "Ini bukan tugas saya" kepada atasan atau rekan kerjamu

Sebagai karyawan yang takut Tuhan, kita harus memiliki integritas dan hikmat.

Dengan kamu berkata begitu, seolah-olah kamu hanya mau bekerja sesuai dengan gajinya. Loyalitas perlu dibangun nih!

Jika atasanmu menyuruhmu untuk mengerjakan job desk diluar tanggung jawabmu, kerjakan dengan semangat.

Selain kamu bisa belajar hal yang baru, siapa tahu itu menjadi nilai plus yang bikin bosmu tertarik untuk mempromosikanmu.

4. "Saya akan berusaha untuk mencoba."

Selain itu, kalimat ini juga harus kamu hindari ketika ditugaskan sesuatu oleh atasan kamu.

Kalimat 'saya akan mencoba' ini hanya akan terdengar tentatif dan mengesankan kalau kamu nggak percaya diri dan sama sekali nggak bisa menyelesaikan tugas yang diberikan.

Jika kamu diberikan pekerjaan oleh atasan kamu, be responsible ya kawan!

Berkomitmenlah untuk mengerjakannya. Tapi kalau kamu memang nggak bisa mengerjakannya, coba tawarin alternatif yang lain. Tapi jangan katakan 'aku akan mencoba' karena hal ini malah bikin kamu tak ingin berusaha mencobanya.

Nah, mulai dari sekarang kurangi tuk mengucapkan kata-kata di atas ya kawan, supaya kamu tetap aman di kantor!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yones 25 August 2019 - 01:13:05

Upah mengikut Yesus

0 Answer

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 3