Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
334


Ada yang unik di perayaan Tahun Baru 2019 kemarin. Jadi, aku liburan bareng keluarga teman di salah satu kota. Jadi ceritanya, dalam acara malam Tahun Baru kemarin, keluarga ini mengadakan acara kumpul bareng dan doa di rumahnya.

Ada satu sesi yang paling berkesan menurut aku yaitu acara bermaaf-maafan. Dimana anak minta maaf ke orangtua dan saudara atas semua kesalahan yang dia lakukan selama tahun 2018. Sementara pasangan suami istri juga harus saling memaafkan.

Baca Juga :

Kaleidoskop 2018: Perceraian Dua Pasangan Kristen Ini Paling Bikin Baper & Sedih Tahun Ini

Berhubung kedua orangtua teman aku udah hampir 60-an tahun. Secara pemikiran, kita bakal berpikir kalau pernikahan yang sudah dibangun selama berpuluh-puluh tahun itu bisa dibilang berhasil. Pastinya hubungan suami dan istri juga terbilang sudah sangat dekat. Gak mungkin bakal terjadi lagi pertengkaran atau sentimen-sentimen yang gak jelas sebagaimana dialami oleh pasangan-pasangan muda.

Nah, kembali ke cerita acara maaf-maafan di malam Tahun Baru kemarin. Rupanya pikiran-pikiran positif di atas benar-benar jauh beda dari kenyataannya. Siapa sangka saat tiba giliran sang ibu menyampaikan maaf kepada sang suami, dia mengungkapkanluka hatinya karena ucapan dan tindakan sang suami. Dia mengaku suka sedih kalau harus diejek atau dibentak sang suami dengan suara nyaring.

Dia merasa di usia yang sudah beranjak tua, tak sepantasnya seorang suami memperlakukan istri dengan cara demikian. Aku masih ingat kalimat si ibu. Katanya, “Pa, aku meminta supaya di tahun yang baru ini, supaya Papa mengubah sikap Papa ke Mama. Jangan sampai Mama minta ijin lagi buat nangis dari Papa. Kita sudah tua, sudah punya cucu. Jadi kadang Mama sedih rasanya ketika Papa mengejek atau membentak Mama. Mama kadang nangis loh.”

Untungnya, pengakuan itu diresponi oleh sang suami dengan baik. Dan berjanji akan berusaha untuk menjaga sikapnya kepada sang istri.

Cerita Tahun Baru ini mungkin hanyalah sebagian kecil dari refleksi pernikahan yang bisa kita petik. Pastinya masih banyak tindakan-tindakan suami yang suka melukai hati istri. Mungkin tingkah laku, perkataan, perbuatan suami yang membuat istri merasa gak dicintai. Para suami, inilah saatnya merefleksi kembali adakah satu hal yang sadar dan gak sadar kamu lakukan dan membuat pasanganmu terluka? Kalau ada, ini saatnya untuk mengakui hal itu dan meminta maaf ke istri. Yuk, menjalani tahun ini dengan satu tekad yaitu untuk membahagiakan pasanganmu selama kalian hidup bersama.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us