Jangan Keburu Bilang Pikun, Tingkatkan Kapasitas Otak Lewat 7 Cara Ini (Part 1)
Sumber: https://www.brightfocus.org/sites/defaul

Health / 20 December 2018

Kalangan Sendiri

Jangan Keburu Bilang Pikun, Tingkatkan Kapasitas Otak Lewat 7 Cara Ini (Part 1)

Inta Official Writer
1956

Hayo ngaku, siapa yang sering lupa saat menaruh kunci atau punya kesulitan untuk menghafal nama seseorang? Kesulitan mengingat sesuatu atau mencari kata yang tepat tidak berarti kita adalah seorang yang pelupa, lho. Kenyataannya, ada banyak hal yang bisa kita coba untuk meningkatkan kapasitas otak.

Ketika mendengar kata cara meningkatkan kapasitas otak, mungkin yang terlintas dalam otak kita langsung suplemen yang ditawarkan oleh apotek atau toko lainnya. Benar, salah satu cara untuk menutrisi otak kita adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B, omega 3 atau beberapa makanan lainnya.

Namun, ada cara lain yang bisa juga meningkatkan kapasitas otak, yaitu dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari yang direkomendasikan oleh banyak peneliti.

1. Olahraga aerobik

Olahraga membantu otak kita menciptakan kapiler baru dan otak yang diturunkan faktor neurotropik (BDNF) yang membantu menciptakan sel-sel otak baru. Studi sudah membuktikan kalau olahraga dapat meningkatkan ukuran hippocampus dan meningkatkan memori kita.

Aerobik seperti lari dan berenang merupakan olahraga yang baik untuk otak. Mereka yang berolahraga memiliki volume yang lebih besar di area otak yang terkait dengan penalaran dan fungsi eksekutif, sementara olahraga aerobik dapat meningkatkan struktur otak, fungsi, dan kognisi. Belum lagi, olahraga dinilai dapat memperbaiki mood kita.

2. Tidur yang cukup

Setiap manusia memerlukan tidur. Semakin nyenyak tidur kita, semakin baik pula kualitas tidur yang dihasilkan. Tidur yang cukup dapat meningkatkan memori prosedural (ingatan tentang kebiasaan seperti bagaimana cara bersepeda, memukul bola, dll), juga memori deklaratif (ingatan tentang informasi faktual seperti nama, wajah, tanggal, dan fakta lainnya).

Keuntungan yang sama juga akan di dapat ketika kita mengambil beberapa menit untuk tidur siang. Sebuah studi menunjukkan kalau tidur yang nyenyak (REM) dapat meningkatkan memori dan kinerja mental kita sebesar 33% sampai 73%.

3. Pola makan yang baik

Otak manusia mengendalikan semua pikiran, gerakan dan sensasi yang bisa bekerja dalam waktu bersamaan. Untuk itu, otak merupakan organ tubuh yang paling menyerap energi kita. Apa yang kita makan akan mempengaruhi kinerja otak kita.

Makanan yang sehat merupakan nutrisi bagi otak kita. Terutama buah yang berwarna lebih gelap, sayuran, dan minyak ikan telah terbukti dapay meningkatkan daya ingat dan mencegah penurunan kognitif.

Pola makan yang baik juga dapat mengurangi risiko demensia. Untuk menutrisi otak dengan baik, kita bisa memulainya dengan banyak mengonsumsi sayuran, terutama sayuran hijau, kacang, berry, ikan, protein, minyak zaitun, juga biji-bijian.

Selain melakukan tiga upaya di atas, kita juga akan melihat empat upaya lainnya pada artikel selanjutnya, ya..

 

Sumber : lifehack
Halaman :
1

Ikuti Kami