Inta

Official Writer
667


Masih ingat berita tentang kesulitan yang dialami oleh para milenial untuk membeli rumah? Hal ini membuktikan kalau penghasilan milenial masih jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Saat ini, generasi milenial memasuki masa-masa paling produktif.

Untuk itu, kita harus mau mencoba banyak hal baru, melebarkan beragam peluang agar kehidupan kita menjadi lebih baik setiap harinya. Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian itu memang benar adanya, lho.

Salah satu cara untuk memperluas peluang adalah dengan mengambil pekerjaan sampingan. Banyak orang yang tidak mengambil kesempatan ini karena menganggap telalu sibuk dengan pekerjaan utamanya.

Padahal, lewat pekerjaan sampingan ini, kita bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan sekaligus membuka peluang untuk belajar tentang banyak hal yang baru.  Nah, yuk bekali diri dengan beberapa hal di bawah ini sebelum ambil pekerjaan sampingan.

Baca juga: 

Tips Mencapai Target Usaha Anda

Tahun Baru, Target Baru, Sukses Menanti

 1. Kenali batas diri kita

Hampir semua orang yang mengalami kegagalan saat mengambil pekerjaan sampingan adalah karena iaterlalu memaksakan diri. Saat tubuh sudah lelah dengan pekerjaan yang ada, maka kita tidak boleh memaksakan diri dengan mengambil banyak proyek atau pekerjaan tertentu. Hanya kita sendiri yang tahu kapan harus berhenti atau kapan harus melanjutkan pekerjaan. Mulai sekarang, cobalah untuk tegas terhadap diri sendiri.

2. Tetapkan ruang kerja 

Salah satu hal yang membuat kita bisa fokus adalah ruang kerja. Pilihlah lokasi yang bisa menunjang kita saat bekerja. Misalnya, saat bekerja di rumah, kita akan cenderung mendapatkan banyak gangguan. Maka, caffee atau ruangan workspace bisa menjadi pilihannya.

Selain itu, pilihlah ruang kerja yang kondusif dan nyaman untuk menunjang produktifitas kita. Setiap kesempatan kerja, ada tanggung jawab di dalamnya. Untuk itu, tidak ada salahnya kok berinvestasi dengan menyediakan ruang kerja yang bisa meningkatkan mood kita.

3. Tentukan waktu kerja

Pengelolaan waktu adalah kunci kesuksesan kita dalam menjalankan pekerjaan sampingan. Biasanya, pekerjaan utama membutuhkan waktu sekitar 8 jam, berbeda dengan pekerjaan sampingan yang jauh lebih fleksibel. Pilihlah waktu yang paling baik untuk melakukan pekerjaan sampingan, misalnya sepulang kerja atau di akhir pekan.

Perlu menjadi perhatian juga untuk menginformasikan jam kerja kita ini pada orang-orang terdekat seperti pasangan atau teman-teman, sehingga mereka mengetahui apa yang kita kerjakan dan ikut mendukung pekerjaan kita tersebut.

4. Komunikasikan dengan baik

Banyak orang yang mengira kalau pekerjaan sampingan merupakan sesuatu yang mudah untuk di lakukan. Kenyataannya, tidak selalu mudah. Justru, pada beberapa hal, pekerjaan sampingan sering membuat diri kita  menghabiskan banyak energi dan pikiran. Untuk itu, komunikasikan dengan baik bersama rekan kerja tentang deadline, cara kerja, juga hasil yang diinginkan oleh mereka untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan dalam hasil kerja kita.

Terakhir, penting buat kita untuk menjaga diri sendiri. Istirahatlah dengan cukup dan jangan lupa untuk bersenang-senang dengan keluarga dan teman terdekat agar kita tidak stres saat menjalani pekerjaan ini. Sebab naik pekerjaan utama maupun sampingan, kita harus ingat untuk memberikan yang terbaik.

"Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3:23)

Baca juga: 

Biar Target Kamu Tercapai di Tahun 2019, Hati-hati Menulis dan Berikut Panduannya!

Sumber : ibelieve.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7253

Banner Mitra April Week 2