Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
316


Fina 26 tahun. Bekerja sebagai seorang marketing di perusahaan swasta. Sebagai seorang yang berada pada awal karirnya, dirinya menginginkan performa terbaik saat bekerja. Suatu hari, proyek yang sedang dikerjakan oleh Fina gagal total. Ketika atasannya bertanya tentang proyek tersebut, Fina menyalahkan rekan sekerjanya karena kurang pengalaman.

Hal ini kemudian membuat atasannya juga mempertanyakan kinerja temannya itu. Fina pikir, posisinya akan aman. Selama ini, Fina memang sangat menghindari yang namanya kesalahan. Ia selalu bermain aman. Kali ini, atasannya berada di pihak Fina dan menyasar temannya tersebut.

Selang beberapa hari kemudian, Fina telat datang ke kantor karena macet. Ia menyalahkan tukang ojek online yang dianggapnya salah mengambil jalan.

Keinginan untuk menjadi pribadi yang terbaik seringkali membuat kita seperti Fina, yaitu menyalahkan keadaan, atau justru menyalahkan orang lain. kita menganggap kalau berbuat salah akan menurunkan kualitas diri kita.

Hal ini membuat kita sering melempar tanggung jawab pada orang lain. Ketika ada masalah yang datang, maka dengan cepat kita akan langsung mencari apa atau siapa yang bisa disalahkan dibandingkan dengan mencari solusinya.

Masalahnya kebiasaan menyalahkan orang lain seperti kopi yang cenderung membuat kita cenderung ketagihan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita punya kebiasaan menyalahkan orang lain.

1 Kita menolak untuk berubah

Tidak mudah bagi seseorang untuk mengalami perubahan. Bahkan kalaupun kita mengakui bahwa kita tidak sempurna, rasanya akan jauh lebih mudah untuk membiarkan orang lain yang melakukannya dibandingkan diri sendiri. Setiap manusia punya kelemahan, tetapi tidak semua orang mau kalau kelemahannya tersebut diketahui oleh orang lain.

2 Menyukai cara-cara praktis

Banyak orang yang menganggap kalau kesalahan yang dilakukannya hanya akan membawanya kembali memulai dari nol lagi. Padahal, meskipun kita harus memulai segala hal dari awal, siapa kita tidak akan lagi sama. Kita akan menjadi pribadi yang lebih siap dan dewasa karena sudah pernah mengalami kegagalan sebelumnya.

3 Takut akan konsekuensi yang ditimbulkan

Seperti Fina yang takut kena marah atasannya, kita juga sering menyalahkan orang lain agar berada pada posisi yang nyaman. Bahkan Adam dan Hawa pun sudah mengenal sifat seperti ini. Ketika Adam tahu kalau Tuhan akan marah ketika mendapatinya memakan buah pengetahuan, Ia menyalahkan Hawa, sementara Hawa menyalahkan ular tersebut.

4 Memiliki kepercayaan diri yang rendah

Menyalahkan orang lain adalah sebuah mekanisme pertahanan yang sangat baik. Melemparkan kesalahan pada sesuatu keadaan atau orang lain membuat seseorang merasa kalau dirinya sedang mempertahankan kepercayaan dirinya dengan cara menolak untuk menerima kekurangan atau kegagalan yang kita alami.

5 Ada masa lalu yang belum beres

Setiap kita pasti punya kepahitan yang pernah dialami. Tumbuh dalam keluarga yang mendidik dengan keras dapat membuat kita tumbuh jadi pribadi yang menyimpan akar pahit tersebut. Karena tidak ingin merasa tersakiti kembali, kita jadi memilih untuk menyalahkan orang lain.

Masih ada banyak alasan yang dipakai oleh kita saat memutuskan untuk menyalahkan orang lain atau keadaan. Kita menganggap hal ini sebagai cara yang mudah. Padahal, hal ini tidak bisa dibenarkan. Justru ketika kita berhenti menyalahkan segala hal dan menerima setiap kesalahan kita, maka akan ada pemulihan dan sikap dewasa yang timbul dalam diri kita.

Sumber : calvarycenter

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us