Parents, Yuk Ajarkan Cinta Kasih ke Anak di Momen Natal Dengan Cara Sesederhana Ini
Sumber: eatright.org

Parenting / 17 December 2021

Kalangan Sendiri

Parents, Yuk Ajarkan Cinta Kasih ke Anak di Momen Natal Dengan Cara Sesederhana Ini

Lori Official Writer
2854

Baik muda, tua, anak-anak dan orang dewasa, kita semua bisa menciptakan perbedaan bagi dunia di sekitar kita. Dan hal itulah yang harus kita ajarkan kepada anak-anak kita di momen Natal paling dinantikan ini.

Meski di hari-hari biasa kita perlu melakukannya. Tapi paling tidak momen Natal juga bisa jadi waktu yang tepat untuk kita mengajak dan melibatkan anak terlibat aktif menyebarkan cinta kasih kepada sesamanya.

Alangkah sangat membantu kalau kalian punya teman, keluarga atau orang terdekat yang butuh perhatian atau bantuan. Atau menyalurkan bantuan kepada orang-orang yang sedang banyak masalah, sedih, disabilitas dan kekurangan. Dengan ikut terlibat dalam hal ini, orangtua bisa membantu mengajarkan anak soal mengasihi dan peduli kepada orang lain.

Tak perlu hal yang besar, dengan cara-cara sederhana ini pun anak pasti bisa menangkap pesan cinta kasih Natal.

MENGUNJUNGI ORANGTUA ATAU KERABAT

Natal dan kunjungan ke rumah sanak saudara penting sekali. Selain untuk menguatkan tali silaturahmi, orangtua juga bisa menunjukkan kepada anak bahwa ketapa pentingnya peduli kepada keluarga, terutama orangtua.

Luangkan juga waktu untuk berkunjung ke rumah keluarga yang sepertinya jarang dikunjungi. Berikanlah contoh yang baik kepada anak, mulai dari sikap dan caramu memperlakukan keluarga dengan lembut dan penuh kasih.

BERMURAH HATI

Natal identik dengan memberi. Jadi, ambillah kesempatan ini untuk memberi lebih banyak kepada orang-orang di sekitar baik orangtua, tetangga dan orang-orang terdekat lainnya. Sikap murah hati ini tak hanya melulu bicara soal memberi uang. Tapi lakukanlah dengan cara yang sederhana, misalnya menghidangkan makanan enak untuk keluarga atau orang-orang yang membutuhkan di jalanan. Orang-orang pasti akan menghargai usaha tersebut dan merasa bersyukur karena masih bisa menikmati makanan pemberian yang enak.

 

Baca Juga :

Inilah 4 Cara Rayakan Natal di Tengah Keluarga Beda Suku

Nih Tips Rayakan Natal Berkesan Bareng Keluarga Besar Dari Para Artis yang Patut Kamu Coba

 

MELAYANILAH DENGAN SETULUS HATI

Memberi diri dan anak-anak untuk menjadi pelayan sehari adalah hal yang perlu diapresiasi. Mungkin kalian bisa menawarkan diri membantu tetangga dalam acara yang akan mereka gelar. Atau melayani tamu yang datang berkunjung saat Natal.

BAGIKAN KUPON HADIAH NATAL

Kalau kalian memang sudah merencanakannya jauh hari, maka tindakan membagikan kupon hadiah Natal kepada anak-anak yatim atau panti jompo adalah hal yang paling tepat dilakukan di momen Natal ini. Lewat hal ini anak-anak akan menyadari bahwa memberi adalah salah satu bentuk dari mengasihi orang lain.

Jangan jadikan Natal hanya sekadar perayaan tanpa makna bagi keluargamu. Sebaliknya, sebagai orangtua Kristen mari mengajarkan kasih Kristus kepada anak-anak kita lewat cara hidup dan tindakan kita kepada orang lain.

Selamat mempersiapkan Natal dan semoga sukacita dan damai yang dibawa Kristus Yesus ke dunia tercurah atas hidup kita semua.

Sumber : More4kids.info | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami