Jangan Fokus Pada Angka, Sebelum Menikah, Mulailah Bicara Soal Uang Dengan 3 Cara Ini!

Finance / 7 December 2018

Kalangan Sendiri

Jangan Fokus Pada Angka, Sebelum Menikah, Mulailah Bicara Soal Uang Dengan 3 Cara Ini!

Inta Official Writer
1640

Tidak semua orang nyaman saat berbicara mengenai kondisi keuangannya. Padahal, sikap seseorang memandang dan mempergunakan keuangannya bisa menunjukkan siapa dia yang sebenarnya, lho. Berbicara tentang keuangan sebelum melanjutkan hubungan pernikahan adalah hal paling wajib yang harus dilakukan.

Dalam sebuah artikel dalam Elite Daily, seorang pakar pernikahan mengatakan kalau kondisi keuangan merupakan hal yang paling sering membuat suami istri bertengkat. Pandangan kita tentang uang mungkin akan berbeda, hanya saja, kita harus punya satu visi yang jelas terhadap hal ini.

Sebelum melangkah menuju altar pemberkatan, berikut adalah 3 cara untuk memulai pembicaraan tentang keuangan.

1. Cari tahu bagaimana perasaan pasangan tentang uang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tidak semua orang merasa nyaman saat berbicara mengenai keuangannya. Namun, hal ini tidak berarti memulai membicarakannya adalah tindakan yang salah. Hindari bertanya langsung mengenai angka atau besaran uangnya, tetapi, mulailah dengan berbicara tentang arti uang dalam kehidupan pasangan kita.

Cobalah untuk memahami pandangan dari pasangan kita. Coba deh bayangin, kalau misalnya pasangan adalah tipe orang yang suka menghabiskan uang sementara kita adalah orang yang suka menabung, maka bisa dipastikan kita akan menyikapi uang dengan cara yang berbeda.

2. Pahami perbedaan kita terhadap keuangan

Siapa kita sekarang ini adalah produk dari masa lalu. Ada orang yang sejak kecil hidupnya sangat sederhana, jadi ketika kita sudah dewasa dan keuangan cukup mapan, ia cenderung balas dendam dengan cara ingin membeli segala hal.

Pahamilah kalau kita dan pasangan berasal dari latar belakang yang berbeda. Perbedaan ini harus bisa diterima. Ada banyak orang yang akhirnya sering bertengkar karena tidak bisa menerima perbedaan tersebut. Perbedaan sering membuat seseorang merasa pasangannya itu salah. Padahal, hanya karena berbeda pandangan, tidak berarti orang tersebut salah.

3. Cari cara terbaik untuk mengelola keuangan bersama

Setelah memahami perasaan pasangan soal uang dan menerima perbedaan soal ini, kini tugas kita adalah mencari solusi atau cara kerja yang paling tepat untuk bisa dilakukan bersama. Hal ini penting agar kita tidak melulu bertengkar soal keuangan.

Tentukan tujuan keuangan kita dan pasangan bersama. Apakah pengin punya rumah, haruskah istri bekerja, kapan punya anak dan lain sebagainya. Perencanaan itu baik untuk dilakukan sehingga kita bisa dengan mudah memetakan pos-pos keuangan mana yang perlu dijadikan prioritas.

Jadi, setelah mengalami tiga tahapan ini dan lulus, semoga kita bisa menghindari pertengkaran dalam rumah tangga yang berkaitan dengan keuangan. Kunci dari keberhasilan sebuah hubungan adalah komunikasi yang baik. Jadi, komunikasikanlah soal keuangan dengan calon pasangan kita ini dengan baik. 

Sumber : elite daily
Halaman :
1

Ikuti Kami