Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
383


Natal adalah masa-masa dimana kita diingatkan untuk memberi. Dan di Natal ini sudah jadi waktu yang tepat bagi orangtua untuk mengubah peran anak dari sekadar penggemar Santa Claus jadi Santa Claus beneran.

Di usia-usia 10-an tahun, anak akan mulai bertanya-tanya soal siapa itu Santa Claus. Dan kenapa setiap kali Natal selalu ada saja kado di bawah Pohon Natal? Saat dia mulai menanyakan hal ini, berikanlah penjelasan yang logis dan realistis.

Kalau sebelumnya dia tahu kalau setiap Natal Santa Claus akan datang membawa kado, maka mulailah mengubah pengetahuan lama itu dengan pemahaman yang baru.

Gak ada salahnya memberi pemahaman ke anak kalau mereka tak melulu harus menunggu pria tua berjenggot dan berbusana merah itu untuk datang membawa kado-kado spesial di hari Natal. Tapi siapapun bisa jadi Santa Claus. Salah satunya adalah dengan melakukan seperti yang dilakuka Santa kepada orang lain.

Mungkin orangtua bisa mulai melibatkan anak dalam beberapa kegiatan Natal sederhana. Misalnya, menyumbang kado ke anak-anak lain. Atau membagi-bagikan makanan ke tetangga sekitar saat Natal tiba.

Baca Juga :

Keren! Dax Shepard dan Kristen Bell Ajarkan Anak Mereka Soal Berbagi Selama Liburan Loh

Jangan Sampai Kayak Anak Ini Ya, Sesali Diri Setelah Ayahnya Meninggal

Hal lain yang mungkin bisa orangtua lakukan adalah dengan menciptakan momen-momen menyenangkan lainnya bersama anak dengan melibatkan anak-anak lain. Lalu sampaikanlah kalau inilah saatnya bagi dia untuk jadi pribadi yang lebih dewasa. Sudah saatnya dia menjadi Santa Claus bagi orang lain.

Pastikan untuk memberi tahu anak kalau transisi untuk menjadi Santa Claus itu menyenangkan. Karena dengan itu anak belajar mengambil tanggung jawab baru yang membuat mereka merasa penting.

“Dari mendapatkan hadiah menjadi pemberi hadiah kepada orang lain memungkinkan anak menjadi lebih bijaksana dan berkontribusi pada kebaikan yang lebih besar,” kata Jessica Cortez, seorang ahli terapi anak dan remaja di Troy, Michigan.

Ingat, hal ini hanya bisa orangtua lakukan ketika usia anak-anak sudah cukup. Sementara ketika mereka masih belum siap, jangan memaksakan mereka untuk paham soal apa itu menjadi Santa Claus.

Sumber : Metroparents.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Danny Gandahanindija 25 April 2019 - 19:37:47

bagaimana melakukan mentoring untuk remaja

0 Answer

Pirlo Josua 25 April 2019 - 15:07:05

Saya saat ini, di kejar kejar oleh pihak bank, kar.. more..

1 Answer

Djendri Titor 24 April 2019 - 22:22:35

Tuhan tak pernah janji langit selalu biru

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Banner Mitra Maret Week 2


7240

advertise with us