Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
270


Mengenakan gaun atau busana putih saat pernikahan adalah tradisi pernikahan yang sudah umum di Indonesia dan belahan negara lainnya. Karena sudah dianggap umum, maka pengantin wanita tak lagi punya pilihan busana lain untuk dikenakan.

Tapi siapa sangka ada saja pasangan pengantin yang tak ambil pusing dengan tradisi yang sudah turun temurun itu. Hal inilah yang dilakukan oleh seorang beauty vlogger Suhay Salim dan pasangannya saat menikah di KUA.

Keduanya malah tak kelihatan sedang menikah lantaran busana yang mereka kenakan tak beda dengan pakaian sehari-hari. Suhay sendiri malah memilih hanya mengenalan jeans dan bukan gaun.

Benar saja, keputusan Suhay dan pasangannya menikah dengan cara yang sederhana justru menorehkan perhatian dari banyak orang. Foto pernikahan yang dibagikan di media sosial seketika viral. Banyak orang yang kemudian memujinya karena menikah secara sederhana.

Baca Juga :

Kenapa Pengiring Pengantin Pakai Baju Seragam? Ini Alasannya…

6 Hal Memalukan Ini Sering Dialami Pengantin di Hari Pernikahannya, Nomor 3 Paling Sedih!

Di satu sisi kita pasti akan kagum dengan keputusan Suhay. Karena melawan tradisi pernikahan yang sudah sangat umum dimana pernikahan setidaknya harus menghabiskan ratusan juta bahkan miliaran rupiah untuk acaranya. Bahkan hanya untuk membeli gaun putih dan setelan jas pun pasangan pengantin harus menghabiskan uang sampai puluhan juta. Tapi pertanyaannya, apakah langkah Suhay ini membawa transformasi baru bagi pernikahan yang dianggap mahal? Atau justru malah merusak tradisi pernikahan yang sudah ada tanpa memahami makna dibalik kemewahan sebuah pernikahan?

Seperti dihimpun dari Wikipedia, tradisi pernikahan dimana wanita harus mengenakan gaun putih memang punya makna tersendiri. Mungkin ada banyak orang yang masih belum tahu soal hal ini. Di sana dikatakan kalau gaun pengantin adalah pakaian yang dikenakan oleh pengantin selama upacara pernikahan. Adapun maknanya bisa diartikan secara berbeda sesuai dengan budaya dan agama suatu negara atau daerah tertentu.

Kalau di budaya Barat, gaun putih pada awalnya dipopulerkan oleh Ratu Victoria pada abad ke-19. Gaun putih sendiri dianggap sebagai lambang dari kemurnian dan kesucian dari seorang wanita. Sejak saat itulah, perempuan Barat hanya memilih mengenakan gaun putih saat pernikahannya. Sementara di budaya Timur, pengantin seringnya memilih gaun merah yang melambangkan keberuntungan. Pilihan gaun pernikahan ini sudah umum dilakukan di negara-negara seperti Cina, India, Pakistan dan Vietnam.

Sementara di dalam Alkitab sendiri, tak ada ayat yang menyebutkan pakaian apa yang harus dikenakan wanita atau pria saat menikah. Dan hal ini membuktikan kalau tradisi mengenakan gaun putih di sebuah pernikahan hanyalah hasil dari sebuah kebiasaan saja. Jadi, pilihan untuk tidak mengenakan gaun putih saat menikah sama sekali bukan sesuatu yang harus dihakimi bukan?

Prosesi pernikahan hanyalah sebuah ceremoni sehari yang setelah itu lalu selesai. Hal yang terpenting dari sebuah pernikahan adalah bagaimana sepasang mempelai mempersiapkan hati dan pikirannya dengan sungguh-sungguh untuk menjadi satu dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Karena makna sesungguhnya dari pernikahan adalah janji suci yang sama-sama diucapkan oleh keduanya di hadapan Tuhan dan setelah itu berkomitmen menjalani kehidupan bersama-sama sampai maut memisahkan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth