Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
194


Siapa sih yang gak senang tiap kali musim liburan tiba? Ya, kita semua pastilah pengen rehat sejenak dari pekerjaan dan kesibukan sehari-hari dan menikmati masa-masa santai bareng orang-orang terdekat bukan?

Nah, kita harus bersyukur karena Tuhan masih kasih kita kesempatan untuk menikmati libur seperti yang akan kita lewati di akhir tahun ini. Kalau memang punya liburan panjang, coba deh dimanfaatkan untuk istirahat dan memperbaiki kembali hubunganmu dengan seluruh keluarga.

Sebagian orang mungkin punya kebiasaan bekerja keras atau bisa kita sebut workaholic. Mereka berpikir kalau hari-hari itu terasa hampa kalau tak bekerja. Bahkan keluarga atau orang-orang yang mereka cintai pun terabaikan.

Baca Juga :

Di Thanksgiving Pertama Sebagai Suami, Justin Bieber Ucapkan Ini ke Tuhan

Sebagai Suami Istri, Teladan Apa yang Sudah Kamu Tularkan dalam Pernikahanmu?

Tapi tahukah kamu alasan di balik kita harus beristirahat dari kesibukan kerja adalah karena kita memang dirancang untuk beristirahat. Bahkan hal ini baik untuk tetap membangun hubungan yang baik dengan pasangan (istri atau suami) dan anak-anak kita.

Kita mungkin juga harus belajar dari kisah Henry Ford, pendiri perusahaan otomotif Ford. Saat dia mengurangi waktu pekerja pabriknya menjadi 8 jam sehari dan 40 jam seminggu, dia juga menggandakan upah karyawannya. Ford pada awalnya memang harus menanggung kerugian yang besar. Pesaingnya menyebutnya bodoh. Tapi siapa sangka, produksinya dan penjualannya justru meningkat. Perusahaan-perusahaan lain justru tumbang.

Hal ini juga berlaku buat kita. Saat kita bekerja lebih dari 8 jam sehari, 40 jam seminggu, peningkatan produktivitas kita bersifat sementara. Setelah 8 jam, kita akan mulai kelelahan. Tenaga kita melambat. Kita bahkan bekerja asal-asalan. Pekerjaan kita yang paling produktif hanya berlangsung dari dua jam sampai enam jam pertama saja. Ada banyak dari kita mungkin memilih lembur dan mendapatkan keuntungan finansial yang besar dari masa-masa ini. Tapi setelah lembur selama 2 minggu, keselamatan kita akhirnya dikompromikan, kita kehilangan fokus, penilaian terganggu, kesehatan terganggu. Dan akhirnya pekerjaan kita tak lagi maksimal.

Kalau sudah begitu, kita sebaiknya mengambil waktu istirahat. Karena kita memang harus peduli dengan tubuh dan kesehatan kita sendiri.

Tuhan bahkan merancang matahari hanya bersinar sampai 12 jam saja, selebihnya matahari terbenang dan malam pun tiba. Itu artinya Tuhan mau kita mengambil waktu untuk beristirahat ketika hari berganti menjadi malam.

Tahukah kamu kalau Tuhan mengkhususkan hari Sabat sebagai hari istirahat (Kejadian 2: 2) karena:

  • Tuhan sendiri memberikan ketenangan kepada manusia saat Dia memberikan Sabat kepada Adam dan Hawa (Markus 2: 27).
  • Tuhan mengingatkan kita untkuk beristirahat, saat Dia berkata “Ingatlah hari Sabat” (Keluaran 20: 8).
  • Tuhan tahu kita lupa untuk beristirahat.
  • Kesibukan hanya akan membuat kita kehabisan tenaga dan kemampuan kita untuk berkembang terhambat.

Tapi bayangkan saja apa yang bisa kamu dapatkan kalau kamu bisa menyeimbangkan waktumu antara bekerja dan beristirahat? Yang pertama, bukan hanya membuatmu lebih produktif di tempat kerja tapi hubunganmu juga dengan orang-orang terdekat, baik pasangan dan anak-anakmu semakin dekat. Kamu bukan hanya suami yang mencari nafkah dan mencukupi kebutuhan keluargamu tapi juga hadir sebagai pribadi yang nyata dalam perjalanan pertumbuhan anak-anakmu.

Apakah kamu sadar bahwa kurangnya komunikasi dan kepedulian justru membuat banyak pernikahan rusak dan hancur? Jadi, ambillah waktu liburan Natal dan Tahun Baru ini untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dengan seluruh keluargamu. Tuhan bahkan suka melihatmu beristirahat dan memperbaharui tenagamu dengan berkumpul bareng anak-anak dan keluarga besarmu.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendri Sianturi 19 December 2018 - 03:13:24

Kenapa kita sebagai agama kristen memakan babi..Bu.. more..

0 Answer

traveller cantik 19 December 2018 - 00:01:26

Kalau kita tidak menyukai hobby pasangan bagaimana.. more..

0 Answer

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth