Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
241


Menjalani sebuah rumah tangga yang penuh sukacita dan langgeng merupakan tujuan buat setiap pasangan menikah. Perlu diingat pula, kalau hal tersebut juga perlu diusahakan. Salah satunya adalah dengan menaburkan bumbu humor dalam pernikahan kita.

Menurut sebuah penelitian dari Aberystwyth University, cara kita dan pasangan menggunakan humor dalam keseharian bisa membangun rumah tangga yang lebih baik, tapi juga bisa sebaliknya.

Humor sendiri merupakan sebuah sikap yang mudah menarik perhatian orang lain. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak lintas budaya. Bahkan, banyak orang yang memasukan pasangan yang lucu dan jago menggunakan humor dalam kriteria pasangan idaman, lho. Dengan kata lain, humor cukup bermain peran dalam hubungan kita.

Ketika kita masih pacaran dulu, menggunakan humor-humor positif dapat memberikan kontribusi positif terhadap kepuasan hubungan. Sementara penggunaan humor agresif, yang biasanya berisikan tentang candaan meledek, justru akan menimbulkan efek sebaliknya.

Perasaan ini akan berbeda-beda, tergantung dari pada kondisi dimana humor tersebut digunakan.

1. Kehidupan rumah tangga jadi lebih sukacita dengan pasangan yang penuh canda

Dalam pernikahan, biasanya pasangan cenderung memiliki selera humor yang sama, meskipun harus digarisbawahi kalau kepuasan sebuah pernikahan tidak dinilai dari banyaknya humor yang terjadi. Penelitian ini juga mengungkapkan kalau pernikahan yang punya sedikit anak cenderung tertawa lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang punya lebih banyak anak.

Penelitian lain yang dilakukan dengan 3000 pasangan menikah dari lima negara, mengungkapkan kalau baik suami maupun istri ternyata menyatakan lebih bahagia dengan pasangan yang humoris. Sifat yang humoris juga dilaporkan jadi lebih penting bagi kepuasan istri dibandingkan dengan suami.

Menariknya, suami dan istri selalu berpikiran kalau pihak suami jauh lebih humoris dibandingkan dengan istri. Dari penelitian tersebut juga dapat disimpulkan kalau humor punya dampak positif dalam kehidupan pernikahan.

2. Menjadikan konflik lebih santai

Konflik pasti ditemukan dalam setiap pernikahan. Humor merupakan sebuah ice beraker dan pelumas sosial yang bisa membantu kita dalam menyikapi konflik lebih baik. Dalam sebuah penelitian yang ditujukan pada 60 pasangan pengantin baru, mereka diminta untuk mencatat berapa banyak humor yang digunakan saat bercakap-cakap dengan pasangan. Selain itu, pasangan tersebut juga dibekali dengan sebuah tes pengukur tingkat stres.

Para peneliti kemudian menemukan kalau 18 bulan kemudian, pasangan yang memiliki tingkat stres tinggi melaporkan kalau semakin suaminya menggunakan banyak humor, semakin besar pula kemungkinan pasangan tersebut akan berpisah.

Penelitian serupa juga menujukan bahwa dalam 130 pasangan menikah, humor yang terlontar dari pihak istri dapat membangun sebuah hubungan pernikahan yang lebih stabil selama lebih dari 6 tahun, tetapi hal ini hanya terjadi pada humor yang dapat menurunkan degup jantung suami. Dengan kata lain, kalau humor tersebut menenangkan suami, maka humor menjadi keuntungan dalam pernikahan tersebut.

Penelitian di atas mengungkapkan perbedaan sikap atas humor yang diterima antara pria dan wanita. Buat para pria, humor menjadi sebuah pengalihan dari masalah dalam hubungan yang sedang dihadapinya, bahkan mungkin akan cenderung menurunkan kegelisahan dari permasalahan tersebut.

Jadi buat para istri, kita bisa menggunakan humor untuk menciptakan sebuah suasana yang lebih santai dalam sebuah konflik.

Selain dua hal di atas, masih ada 2 hal lain yang menjadikan humor sebagai warna dalam kehidupan pernikahan kita. Nantikan lanjutannya pada Jumat nanti, ya.

Baca juga: Pernikahan Langgeng, Ini 4 Bukti Kalau Humor Jadi Bumbu rahasianya! (Part 2)

Apakah kamu memiliki pergumulan dengan kehidupan rumah tanggamu atau masalah hidup lainnya dan rindu pertolongan Tuhan, yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA  atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.

Sumber : channelnewsasia

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendri Sianturi 19 December 2018 - 03:13:24

Kenapa kita sebagai agama kristen memakan babi..Bu.. more..

0 Answer

traveller cantik 19 December 2018 - 00:01:26

Kalau kita tidak menyukai hobby pasangan bagaimana.. more..

0 Answer

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth