Lesatkan Karir, Yuk Ketahui 4 Tahap Belajar Sampai Jadi Profesional Ini! (Part 1)
Sumber: https://pilbox.themuse.com/image.jpg?url

Finance / 28 November 2018

Kalangan Sendiri

Lesatkan Karir, Yuk Ketahui 4 Tahap Belajar Sampai Jadi Profesional Ini! (Part 1)

Inta Official Writer
2588

Ada banyak motivator yang menjuruskan keluar zona nyaman sebagai kunci kesuksesan. Sebagai orang yang tidak terbiasa dengan perkataan-perkataan motivasi seperti itu, banyak orang jadi berpikir kalau yang berada di luar zona nyaman adalah zona tidak nyaman.

Padahal, di luar zona nyaman adalah zona belajar, bukannya zona tidak nyaman. Kita tidak pernah mengetahui apa pun pada awalnya. Begitu pula saat akhirnya kita memutuskan untuk banting stir dan memulai sesuatu yang baru.

Salah satu cara untuk mengembangkan diri dengan baik adalah memperluas pengetahuan dengan belajar tentang sesuatu hal baru yang belum kita ketahui sama sekali. Kita bisa melakukan sesuatu karena belajar. Untuk itu, orang sukses adalah mereka yang tidak pernah berhenti untuk belajar.

Dalam perjalanannya, tanpa sadar kita menjajaki pengalaman pertama sebagai orang yang tidak punya keterampilan apapun (unskilled). Ada 4 tahapan pembelajaran yang dilalui oleh seseorang agar tidak hanya belajar tentang keterambilan baru tersebut, tetapi juga jadi sebuah kebiasaan yang terjadi di alam bawah sadar kita.

1. Unconsciously unskilled

Setelah memutuskan untuk keluar dari zona nyaman, kita mendapatkan sebuah situasi dimana tidak mengetahui apapun untuk bisa mencapai kesuksesan tertentu. Kita menemui bahasa-bahasa, gaya, dan kebiasaan baru yang sama sekali tidak biasa.

Rasanya apa yang kita lakukan itu semuanya sulit. Ada banyak rintangan dalam mengerjakan hal ini. Namun, ketika kita mulai bertanya-tanya mengenai si A atau B kok bisa melakukan ini dan itu, maka ini adalah sebuah indikator bahwa kita tidak memiliki keterampilan apapun tanpa menyadarinya.

2.  Consciously unskilled

Tahap ini adalah saat dimana kita mulai menyadari bahwa kita tidak memiliki keterampilan tentang area atau bidang tertentu. Banyak orang yang kemudian menjadi tidak nyaman dalam tahap ini. Kita mulai berpikir kalau ini bukanlah bidang kita, sehingga berhenti untuk mempelajari keterampilan tersebut.

Karena menyadari bahwa kita tidak banyak tahu,  akhirnya ada keinginan dalam diri untuk mendorong batasan dan memberanikan diri untuk belajar suatu hal yang baru. Saat ini terjadi, maka akan ada pertumbuhan dimana kita mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang menahan kita untuk bertumbuh menjadi keinginan untuk mempelajari sebuah keterampilan yang baru.

Membiarkan diri kita menyadari bahwa tidak memiliki keterampilan dalam bidang tertentu membuat kita ingin belajar dan ini jelas jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang memilih untuk abai dan takut dalam sebuah bidang yang sebenarnya itu bermanfaat untuk mereka.

Selain dua hal di atas, ada pula 2 tahap lainnya, yaitu consiously working on a skill dan unconscious skilled. Kedua hal ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Baca juga: Lesatkan Karir, Yuk Ketahui 4 Tahap Belajar Sampai Jadi Profesional Ini! (Part 2)

Sumber : medium
Halaman :
1

Ikuti Kami