Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
202


Kebanyakan orangtua tak sadar kalau anak-anak sekalipun sangat rentan dengan kondisi penyakit mental. Hal inilah yang menyebabkan banyak anak sama sekali tak mnegenal apa itu seni sejak dininya. Akibatnya, anak tak dapat mengekspresikan emosi mereka dengan baik saat melalui situasi traumatis.

Anak yang mungkin mengalami penyakit seperti autisme, gangguan fokus, gangguan bicara atau cacat lainnya sangat memerlukan keterampilan seni ini. Dengan keterampilan ini anak-anak dengan latar belakang tertentu bisa menemukan solusi untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Seni adalah media yang sangat tepat untuk mengekspresikan emosi terdalam manusia. Misalnya, bertindak, melukis, menyanyi atau menari memungkinkan kita untuk menyampaikan pikiran yang kita tidak bisa tuangkan ke dalam kata-kata. Dan hal ini juga sangat penting untuk anak-anak.

Seorang psikiater menyampaikan bahwa anak-anak pada dasarnya kreatif secara alami. Mereka lebih suka menggambar atau melukis. Mereka menganggapnya sebagai pilihan yang lebih baik untuk menjawab pertanyaan.

Selain itu mereka juga enggan membahas isu-isu sensitif dalam hidup mereka dengan orang lain. Inilah alasan kenapa anak butuh ahli terapis atau konselor yang mampu memahami akar masalah anak dan mengajarkan mereka untuk mengatasinya lewat terapi seni.

Ada 3 manfaat terapi seni bagi anak:

1. Membantu anak tumbuh dengan baik

Semua anak punya kemampuan untuk bicara. Tapi tak semua anak punya keterampilan untuk mengeluarkan kosakata yang mereka ketahui dengan tepat atau mengekspresikan dirinya.

Dengan memperkenalkan anak kepada seni akan memungkinkan mereka untuk bisa mengekspresikan kondisi emosional mereka. Sehingga mereka bisa melepaskan  trauma atau beban dalam pikiran mereka dengan tepat.

Saat anak mudah melepaskan bebannya, maka kemungkinan besar proses pertumbuhan mereka akan baik.

2. Meningkatkan keterampilan sosial pada anak

Gak ada yang bisa meremehkan pentingnya mengembangkan keterampilan sosial yang tepat pada anak. Dengan memperkenalkan anak dengan terapi seni yang sesuai bisa membantu mereka mencapai tujuan mereka. Seperti bisa berinteraksi dengan atmosfer konduktif dengan orangtua, teman dan orang lain di sekitarnya.

Baca Juga :

Biar Doa Bareng Anak Makin Asyik, Yuk Coba 7 Cara Iniā€¦

Yuk Ajak Anak Saat Teduh Sejak Dini, Mulai Dengan 7 Cara Sederhana Ini Aja!

3. Membangkitkan kepercayaan diri anak

Mengambil bagian dalam lokakarya dan kegiatan seni membantu anak-anak meningkatkan kepercayaan diri mereka. Mereka perlahan akan mau membuka diri untuk sebuah dialog bersama. Dengan seni, anak akan mampu mengekspresikan emosi terdalam mereka secara benar.

Memperkenalkan anak-anak kepada teknik terapi seni yang sesuai di usia dini penting sekali bagi perkembangan mereka. Seiring dengan kedekatan mereka dengan seni, anak akan menemukan bakat kreatif mereka yang masih tersembunyi.

Lalu apa seni yang sudah kamu mulai perkenalkan kepada anak-anakmu? Mulailah dengan hal-hal yang sederhana.

Sumber : Christiandaily.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendri Sianturi 19 December 2018 - 03:13:24

Kenapa kita sebagai agama kristen memakan babi..Bu.. more..

0 Answer

traveller cantik 19 December 2018 - 00:01:26

Kalau kita tidak menyukai hobby pasangan bagaimana.. more..

0 Answer

Rizam Lede 17 December 2018 - 13:25:45

Mencari pacar yang Takut akan Tuhan

0 Answer


chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Banner Mitra Week  3


7227

Superyouth