Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
292


Sudah tidak lagi perlu ditutupi kalau dibalik bahagianya kelahiran anak, kita memerlukan sebuah perencanaan. Sejak mendapat kabar kalau istri sedang mengandung, kita sudah mulai melakukan perencanaan tersebut.

Perencanaan tentang bagaimana pola asuh anak, cara mendidik mereka, dan hal yang paling penting adalah bagaimana pengelolaan uang yang paling bijak dan tepat. Anak yang baru lahir memiliki banyak keperluan, terlebih kalau anak pertama.

Selain mental, kita juga perlu persiapan dan perencanaan yang matang dalam hal keuangan. Mulai dari popok, pakaian bayi, peralatan khusus seperti tempat tidur bayi sampai pompa ASI, semua kebutuhan tersebut sangatlah menguras kantor.

Sebagai orang tua, agar kita bisa menyimpan lebih banyak uang, berikut adalah beberapa cara berhemat dalam mempersiapkan kebutuhan bayi kita.

1. Selalu lakukan riset sebelum membeli perlengkapan bayi

Sebelum membeli perlengkapan bayi, kita perlu tahu kalau pertumbuhan bayi sangatlah cepat. Sebagai contoh, kita akan membeli popok yang mungkin hanya akan dipakai selama 2 bulan. Rasanya sayang kalau kita sudah membeli banyak popok yang sebenarnya tidak terpakai dalam waktu yang lama, apalagi kita juga punya banyak keperluan lain.

Sebagai calon orang tua, sering kali kita terlalu excited sehingga banyak membeli keperluan bayi yang sebenarnya tidak terlalu terpakai. Untuk itu, melakukan riset adalah keputusan terbaik untuk menghemat.

Tanyakan kepada teman atau keluarga yang sudah pernah melahirkan. Selain bertanya, kita juga bisa menikmati kemudahan akses informasi yang bisa kita dapatkan dari internet. Jadi, jangan malu untuk bertanya, ya!

2. Pertimbangkan untuk sewa atau second

Sekarang ini, ada banyak sekali jasa yang menawarkan penyewaan keperluan bayi seperti misalnya carseat, tempat tidur bayi, stroller, dan lain sebagainya. Kita juga bisa menemukan banyaknya perlengkapan bayi second yang tersebar di internet. Untuk beberapa barang, rasanya akan jauh lebih efisien untuk dibeli second atau menyewa. Terlebih kalau rumah kita tidak begitu lega dan barang tersebut hanya akan terpakai sebentar saja.

Baca juga: Tak Bayar Tagihan BPJS Kesehatan, 3 Kerugian Ini Yang Akan Kamu Tanggung

3. Kurangi belanja pakaian untuk anak

Siapa sih yang nggak mau kalau anaknya nampak ganteng atau cantik dengan setelan pakaian yang lucu? Sebagai orang tua, kita sering kalap saat ada baju-baju lucu buat anak. Padahal, bayi bertumbuh sangat pesat dan kita hanya akan memakainya dalam hitungan bulan. Persiapkanlah pakaian secukupnya dan biasakan untuk membeli pakaian dengan ukuran yang satu nomor lebih besar.

4.  Hindari stock yang berlebihan

Popok dan makanan bayi merupakan kebutuhan yang tidak bisa terlewat. Seringkali kita memilih untuk membeli sekalian banyak perihal kebutuhan bayi yang satu ini. Namun, kita juga perlu menyesuaikan belanja yang cukup untuk 1-2 minggu ke depan. Alasannya karena kita belum tahu barang yang dibeli akan cocok atau tidak, sehingga nantinya sia-sia dan tidak terbaik.

Banyak yang bilang kalau kehadiran si buah hati merupakan guru terbaik yang hadir buat kita. Mereka memberikan banyak pelajaran buat kita sebagai orang tua. Tidak terkecuali, kehadiran mereka membuat kita harus belajar bijak dalam membelanjakan uang kita untuknya.

Sumber : jouska

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 3


7233

advertise with us