Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
709


Nggak terasa, bentar lagi tahun baru. Yang pasti udah pada deg-degan kan menunggu wejangan dan pertanyaan dari orang tua serta seisi kompleks? hehe

Menjadi single pada masa kini memang benar-benar diuji, dari baper karena lagu romantis yang sedang hits seperti lagu Akad milik Payung Teduh, sampai lagu Melamarmu dari Badai Romantic Project. Gimana perasaan single ketika mendengar lagu tersebut dan hanya bisa membayangkan entah kepada siapa dan untuk siapa lagu tersebut dinyanyikan.

Apalagi jika di media sosial kita melihat unggahan foto pasangan yang sedang kasmaran, wiih bertambah baper dan rasa ingin yang tak mampu dielakan.

Alih-alih begitu, bukan berarti menjadi single adalah tanda kalau kamu nggak menjadi orang yang beruntung dan bahagia daripada orang lain yang udah berpasangan.

Meskipun kadang baper dan eneg dengerin celotehan sahabat atau orang tua suruh menikah, kamu pasti tahu dong kan kalau perihal menikah itu bukan masalah balap-balapan tentang siapa cepat dia dapat, ini hanya masalah waktu bertemu dengan belahan jiwa yang memang sebelumnya sudah Tuhan tetapkan skenario kapan terjadinya.

Menjadi single sampai detik ini barangkali sebuah cara dimana Tuhan sedang menyiapkan jalan cerita yang berbeda dari yang kamu kira, seperti menjadi single agar punya ruang sendiri dan bisa merasakan kebersamaan dan kebermanfaatkan waktu dengan sahabat dan keluarga lebih lama serta dapat mengetahui potensi dan mengenali diri sendiri sampai mana.

Menjadi single adalah waktumu memiliki ruang sendiri.

Dalam hal ini, kamu bisa ngelakuin banyak hal. Misalnya :

1. Terhubung dengan orang-orang baik

Yes, teman-teman itu mempengaruhi kita secara pribadi loh. Ya iya dong kamu stres melulu mikirin pasangan hidup dan terganggu dengan celotehan orang, sebab kamu berteman dan berkumpul dengan teman-teman kamu yang sudah menikah.

Nggak masalah sih. Kalau pun mau berteman dengan teman-teman yang sudah menikah, minimal pastikan mereka adalah orang baik, yang mendorong kamu dan membangun kamu bukan malah meruntuhkan kamu dengan ejekan 'kapan lo nikah, udah ubanan loh!'

Carilah komunitas single, atau yang baru saja menikah yang punya kegiatan yang membangun. Entah itu kegiatan sosial atau belajar Alkitab bareng sekali seminggu. Gabung dengan sebuah komunitas adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri ketika masih lajang.

BACA JUGA ARTIKEL INI YA: Teruntuk Anak Rantau, Tanyakan 3 Hal Ini Sebelum Gabung Gereja Lokal Di Perantauanmu Ya!

2. Jangan ngurung diri dengan lingkungan yang sama. Bosan, mending jelajahi dunia

Seenggaknya, uang kamu nggak membusuk di tabungan. Yah, agar kamu semakin banyak kenalan dan wawasan, luangkanlah waktumu untuk traveling minimal 2 kali setahun, misalnya.

Pergi ke kota-kota yang nggak pernah kamu datangi sebelumnya. Itu pasti seru banget!

3. Kencangin hubungan kamu dengan Yesus, bukan dengan sosial media

Yah, yang tau masa depan kamu dan pasangan kamu kan Tuhan, bukan sosial media.

Mungkin masa single kamu ini adalah masa dimana kamu harus lebih dalam dengan Yesus, dan belajar mengenai firmanNya.

Daripada makin baper dengan postingan sosial media, mending banyak ngobrol deh dengan Tuhan dan tulis apa yang dikatakanNya di buku kamu. Mulai dari perjanjianNya dan pengalamanmu akan kasihNya.

4. Tentukan visi untuk diri kamu sendiri

Alih-alih mikirin kata orang sedangkan usia kamu makin hari makin bertambah, mending tentukan visi dan target tujuan kamu tahun ke tahun.

Kalau mau punya visi spesifik dari Tuhan, yah lakukan itu dan fokus.

Siapa tahu pasangan kamu adalah teman yang selama ini dukung visi kamu tanpa kamu sadari. Ya kan?

Menjadi single bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan dan di tangisi. Toh status 'single' itu cuma keadaan sementara doang karena esok atau lusa kamu pasti akan menikah juga.

So, nikmati saja ke-single-lan kamu dengan kehidupan yang bermanfaat. Hiduplah bukan hanya sekedar single tetapi juga sebagai single yang stay cool dan bermartabat.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Djendri Titor 24 April 2019 - 22:22:35

Tuhan tak pernah janji langit selalu biru

0 Answer

Carmel Lita 19 April 2019 - 14:19:30

Mohon doanya untuk ayah kami Ignatius Budi agar bi.. more..

1 Answer

Maryanne 16 April 2019 - 20:03:13

Selamat malam.. saya anne. Rumahtangga sya mulai b.. more..

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

advertise with us


7242

advertise with us