Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
306


Seseorang harus menjalani Computed Tomography (CT) Scan saat masalah kesehatan terjadi di dalam tubuh. Misal saat hendak memeriksakan diri terkait penyakit kanker atau bagian cidera tulang setelah kecelakaan. Proses ini dilakukan untuk menangkap gambar tubuh bagian dalam dengan lengkap.

Biasanya proses CT Scan ini dilakukan dengan menggunakan mesin X-ray berputar untuk membuat gambar cross-sectional atau 3D dari berbagai posisi tubuh.

Proses kerja CT Scan

Seorang pasien yang menjalani CT Scan biasanya akan diminta berbaring di atas meja putar bulat yang disebut gantry. Gantry ini berisi tabung sinar X yang berputar di sekitar pasien saat memotret sinar-sinar X di dalam tubuh.

Setelah sinar X menyelesaikan pengambilan gambar dengan rotasi penuh, komputer akan mencetak gambar 2D dari potongan tubuh itu, yang tebalnya biasanya berkisar dari 0.04 sampai 0.4 inci (1 sampai 10 millimeter). Komputer kemudian akan menggabungkan beberapa irisan 2D untuk membuat gambar 3D dari tubuh. Gambar inilah yang akan memudahkan dokter untuk menentukan masalah kesehatan pasien. Pemindaian itu sendiri biasanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit, tergantung pada area tubuh yang dicetak.

Supaya lebih mudah mengidentifikasi masalah kesehatan, pasien bisa diberi bahan perbandingan. Solusi yang mengandung bahan perbandingan itu seperti yodium dan barium. Dua bahan ini dimasukkan ke dalam tubuh secara langsung atau disuntikkan ke dalam aliran darah, tergantung pada jaringan target. Bahan-bahan dalam larutan bekerja untuk mengubah sementara waktu sinar X berinteraksi dengan jaringan tubuh tertentu, yang membuat jaringan itu tampak berbeda dalam gambar yang dihasilkannya.

Perbandingan inilah yang akan membantu dokter membedakan antara jaringan normal dan abnormal.

Adakah jalan lain bagi pasien selain menjalani CT Scan?

Gambar CT Scan membantu dokter untuk mendiagnosis dan menemukan infeksi, gangguan otot, patah tulang, kanker, tumor dan kelainan lainnya.

Dalam situasi darurat, CT Scan adalah alat medis paling praktis yang bisa membantu dokter bergerak cepat untuk menentukan status kesehatan seseorang, baik masalah luka dalam maupun luar.

CT Scan ini paling banyak diperlukan untuk mendiagnosa penyakit mematikan seperti kanker.

Baca Juga : CT Scan Bisa Bikin Kanker Loh..

Risiko penggunaan CT Scan

Walaupun CT Scan bisa jadi alat vital untuk mangatasi masalah kesehatan seseorang, namun prosedur ini bisa menyebabkan efek samping tertentu.

Tergantung area tubuh yang dipindai, risiko akibat paparan radiasi bisa menyebabkan dampak tertentu. Menurut American College of Radiology Imaging Network (ACRIN), sinar X bisa merusak jaringan sensitif seperti organ limfoid dan darah. CT Scan di sekitar perut tidak disarankan untuk wanita hamil karena kemungkinan janin akan terkena radiasi berbahaya.

Semakin lama waktu yang dijalani untuk melakukan CT Scan, semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan. Tapi juga dosis radiasi yang dihasilkannya juga akan semakin tinggi.

Dokter Phoung-Anh Duong, Direktur Computed Tomography (CT) Scan dan profesor di Departemen Radiologi dan Imaging Sciences di Universitas Emory, Georgia menyampaikan bahwa saat proses CT Scan ada baiknya untuk menyeimbangkan kualitas gambar CT scan dengan jumlah paparan radiasinya.

Doung menyarankan beberapa cara untuk mengurangi paparan radiasi selama CT Scanm. Pertama, mewajibkan CT Scan bagi pasien jika kondisinya memang sangat diperlukan saja. Kedua, hanya mengambil gambar bagian tubuh yang diperlukan saja dengan catatan menggunakan radiasi dengan energi yang lebih rendah dan teknologi yang lebih baru, seperti detektor sinar X yang lebih sensitif.

Nah, informasi ini mungkin penting bagi kamu yang hendak melakukan pemeriksaan kesehatan. Kalau memang efek yang ditimbulkan membuatmu merasa takut menjalani CT Scan, mulailah untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter dan mintalah saran dan pilihan lain jika memungkinan dalam kondisi kesehatanmu.

Sumber : Livescience.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth