CT Scan Bisa Bikin Kanker Loh..

Solusi Sehat / 12 January 2010

Kalangan Sendiri

CT Scan Bisa Bikin Kanker Loh..

Puji Astuti Official Writer
3358

CT scan ternyata memberikan radiasi lebih banyak dari yang para ilmuwan percaya, dan dapat disalahkan untuk sebanyak 29.000 sel kanker baru - dan 14.500 kematian - per tahun, menurut dua studi yang dilaporkan dalam USA Today dan Los Angeles Times.

Penelitian yang diterbitkan pekan ini dalam Archives of Internal Medicine, menunjukkan bahwa CT scan yang di rumah sakit dapat mengekspos pasien sangat bervariasi, dan kadang-kadang berbahaya, tergantung dosis radiasi.

"Artikel-artikel dalam edisi ini membuat jelas bahwa ada jauh lebih banyak radiasi dari CT scan daripada yang medis telah akui sebelumnya," tulis editor jurnal, menurut LA Times.

Perempuan menempati sekitar dua-pertiga dalam jumlah angka kematian, karena mereka lebih sensitif terhadap radiasi, Times melaporkan.

Tidak semua orang setuju dengan kesimpulan studi tersebut.

James Thrall, ketua American College of Radiology, mengatakan pasien dapat memiliki kondisi yang membuat  mereka cenderung untuk mengidap kanker, ia mengatakan kepada USA Today.

Ahli menyarankan pasien menyimpan salinan catatan medis mereka dan bertanya mengenai prosedur pengujian yang tidak mengekspos mereka untuk radiasi, demikian lapor koran nasional Amerika.

Sumber : Sphere.com
Halaman :
1

Ikuti Kami