Benar VS Baik

Latest News and Events / 15 November 2018

Kalangan Sendiri

Benar VS Baik

Naomi Febriani Official Writer
9842


Benar dan baik sepintas terkesan sama saja. Mari kita lihat lebih dalam persamaan dan perbedaannya! Bagaimana menurut Anda? Yang mana yang dipilih, menjadi orang baik atau orang benar? Orang baik bisa disukai banyak orang tapi belum tentu hidup benar. Orang benar mungkin tidak disukai banyak orang, tapi selalu menghasilkan buah yang baik.


Persamaannya: Keduanya merupakan upaya positif, konstruktif.

Perbedaanya: BENAR berhulu pada satu standar, yaitu kebenaran. Dan kebenaran yang paling benar adalah yang Ilahi, nilai yang kita terima  dari Tuhan.  Kalau kebenaran mutlak itu tidak dilaksanakan disebut salah. Lawan kata BENAR adalah SALAH. Sementara itu, BAIK berorientasi pada kenyamanan penerima perbuatan (atau perkataan) itu. Kalau penerima nyaman, maka perbuatan atau perkataan yang terlontar itu baik adanya. Kalau penerima tidak merasa nyaman, maka akan menjadi tidak baik, bahkan mungkin jahat. Lawan kata BAIK adalah JAHAT.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa kebenaran adalah mutlak sedangkan baik adalah hal yang relatif. Orang benar bukan hanya berbuat baik saja, tetapi ia harus melakukan kebenaran, dengan segala resikonya, termasuk tidak disukai oleh orang-orang disekelilingnya. 1 Petrus 3:12 mengatakan, “Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.” Pada ayat tersebut, dikatakan bahwa Tuhan memihak kepada orang-orang yang hidupnya dalam kebenaran dan menentang segala sesuatu yang jahat. Mari menjadi pelaku firman-Nya untuk mengerjakan kebenaran dalam hidup Anda.

Anda juga bisa turut mendukung pelayanan CBN untuk membagikan kebenaran-Nya.Mari mendaftar dengan cara mengisi formulir di bawah artikel ini atau SMS ke 081.5965.5960 ketik JC # Nama Lengkap # Email. Kontribusi Anda dapat memberikan dampak bagi suku bangsa melalui pelayanan CBN agar dapat menjaring lebih banyak jiwa yang dimenangkan di dalam Tuhan.


Halaman :
1

Ikuti Kami