Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
703


Gak ada panggilan dalam hidup yang lebih keras atau lebih penting daripada panggilan kita sebagai orangtua. Bagi orangtua baru yang belum berpengalaman pasti juga masih meraba-raba soal cara yang tepat pengasuhan anak. Gak usah terlalu pusing. Sebagai orang percaya kita hanya perlu kembali ke firman Tuhan.

Di dalam Alkitab orangtua bisa menerapkan 5 cara pengasuhan ini.

5. Perkatakan janji Tuhan atas anak

Untuk menyaksikan anak bertumbuh secara rohani dan jasmani dengan baik, orangtua perlu mengandalkan firman Tuhan atas segenap hidup anak. Selalu ambil waktu untuk berdoa secara khusus untuk anak-anak kalian dan perkataan firman Tuhan tentang janji-janji-Nya atas anak-anakmu. Akan sangat baik kalau kamu punya komunitas orangtua parenting Kristen yang saling mendukung dalam proses perjalanan kalian sebagai orangtua.

4. Mendorong pertumbuhan rohani anak

Pertumbuhan kerohanian dibangun melalui mezbah keluarga. Saat orangtua punya kebiasaan rohani yang baik, maka hal ini pastinya akan menular kepada anak. Sehingga seiring pertumbuhannya, anak akan hidup bergantung kepada Tuhan.

Baca Juga :

Teganya, Pengasuh Ini Biarkan Anak 14 Bulan Kelaparan Karena Kesal Tak Digaji Tepat Waktu

Anak Ketahuan Bohong, Jangan Keburu Dimarahin. Yuk Lakukan 5 Cara Ini

3. Ajarkan anak soal kesederhanaan

Kebanyakan anak jatuh dalam pergaulan yang buruk karena orangtua membiasakan mereka hidup dengan kehidupan yang mewah dan bebas. Saat anak terbiasa menikmati kehidupan yang menyenangkan, serba ada dan penuh dengan kebebasan saat itulah anak tidak akan mampu memandang dunia dari perspektifnya Tuhan. Anak harus diajarkan soal kehidupan sederhana Yesus. Bagaimana Yesus bergaul dengan orang-orang sakit, yang terbuang dan miskin. Bangun karakter kesederhanaan di dalam diri anak dengan mengajaknya melakukan kegiatan-kegiatan sosial, mendidiknya dengan kemandirian dan melibatkannya dalam beragam kegiatan kemanusiaan.

2. Ajar anak soal disiplin

Kedisiplinan itu penting untuk mmebangun karakter yang kuat di dalam diri anak. Saat akan dididik dengan disiplin, percayalah mereka akan besar dengan kesadaran akan tanggung jawab, rasa penghormatan, dan keinginan untuk terus maju di masa depan.

1. Besarkan anak dengan berpusat pada Kristus

Di atas dari semua harapan kita kepada anak, kita pasti mau anak-anak punya gairah yang kuat akan Tuhan. Untuk membantu orangtua mewujudkannya, jadilah role model iman bagi mereka. Mungkin orangtua bisa jadi sahabat bagi anak tanpa adanya sekat atau jarak. Kemudian, bentuklah kepercayaan diri mereka dengan menyampaikannya sesuai dengan firman Tuhan.

Dalam Yesaya 55: 8-9 dituliskan, “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.”

Ayat ini harus terus menerus kita perkatakan atas anak-anak kita. Supaya mereka menyadari bahwa hidup mereka berharga di hadapan Tuhan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bang Joker4 19 March 2019 - 07:48:09

Apa itu melayu

0 Answer

Rasya 18 March 2019 - 19:13:38

ASEAN

0 Answer

Rasya 18 March 2019 - 19:12:53

kepala pemerintah negara singapur adalah

0 Answer


Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Banner Mitra Week 3


7245

Banner Mitra Maret Week 2