Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
260


Dalam sebuah pelajaran pendidikan kewarganegaraan, seorang anak mengangkat tangannya dan bersiap untuk mengajukan pertanyaan. “Pak, mimpi dari negara kita ini apa, sih?” Tanyanya. “Soal itu, mimpimu apa?” Jawab Pak Guru.

Tujuan negara Indonesia sendiri sudah tercantum dalam pembukaan UUD Indonesia 1945, dimana salah satunya adalah dengan melindungi segenap bangsa. Tidak terkecuali melindungi mimpi-mimpi kita sebagai warga negara.

Buat guru tersebut, kesejahteraan sebuah negara bisa terlihat dari banyaknya orang yang sukses menggapai mimpi-mimpinya. Apakah negara ini berhasil memudahkan anak-anak bangsa dalam menggapai mimpinya tersebut?

Kalau negara punya tugas dan kewajiban, maka kita sebagai warga negara juga pasti punya kewajiban yang harus dijalankan. Dalam kehidupan kita, ada ortoritas yang perlu kita ikuti. Misalnya, di keluarga, kita sebagai anak memiliki orang tua. Sementara dalam kehidupan pernikahan, ada suami yang punya otoritas tertinggi.

Sementara dalam kehidupan bernegara, Tuhan sudah mengangkat presiden dan jajaran pemerintahan. Pernyataan hormat dan kesetiaan kita sebagai warga negara, sebenarnya tercermin dari kepatuhan kita terhadap pemerintah.

Nah, sikap kepatuhan kita ini bisa diwujudnyatakan dalam 3 hal berikut ini:

1. Mengikuti peraturan yang ada dalam pemerintahan

 “Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.

Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.”

(Roma 13:3-4)

Kejahatan nggak hanya buruk buat kita yang melakukannya, tetapi juga bisa menimbulkan maslaah bagi orang lain. Ayat di atas mengingatkan kita untuk tidak bertindak melawan hukum, yang dianggap jahat oleh negara. Sebab kalau kita berbuat jahat, pemerintah juga punya kewenangan untuk menegakkan hukum yang berlaku.

2. Membayar pajak (Roma 13:5-7)

“….Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurusi hal itu adalah pelayan-pelayan Allah…”

Pajak sendiri merupakan salah satu sumber pemasukan negara yang terbesar untuk membangun daerah-daerah yang ada di negara kita ini. Lewat membayar pajak, itu sama artinya kalau kita telah berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan keadilan di masyarakat.

3. Jangan langsung lari ketika kita kecewa dengan pemerintahan

“Patuhilah perintah raja demi sumpahmu kepada Allah. Janganlah tergesa-gesa pergi dari hadapannya, janganlah bertahan dalam perkara yang jahat, karena ia berbuat apa yang dikehendakinya.”

(Pengkhotbah 8:2-3)

Nggak ada pemimpin yang sempurna. Ketika kita menyatakan diri tidak lagi menyukai pemerintahan tertentu, ingatlah untuk tidak langsung melakukan pemberontakan atasnya. Sebagai orang percyaa, kita perlu berusaha untuk menyatakan hormat dan pengabdian kepada pemimpin kita.

Lantas, bagaimana kalau pemimpinnya justru melenceng atau melakukan tindakan yang tidak benar? Maka ia akan langsung berhadapan dengan Tuhan yang telah memilihnya. Kita pasti masih ingat dong, gimana seorang Saul yang memerintah semena-mena, kemudian dihakimi oleh Tuhan?

Tugas kita sebagai warga negara tertulis dalam 1 Timotius 2:1-4, ”Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.”

Sumber : Pdt. Samuel Handoko/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us