Gemar Belanja Online Sampai Bikin Kantong Bocor, Yuk Tangkis Godaannya Lewat 3 Cara Ini

Gemar Belanja Online Sampai Bikin Kantong Bocor, Yuk Tangkis Godaannya Lewat 3 Cara Ini

Inta Official Writer
1058

Lewat kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, kini kita belanja nggak lagi perlu mendatangi ke lokasi penjual. Cukup berbekal gawai, kita bisa melakukan transaksi jual beli. Saking mudahnya, ada banyak orang yang kemudian jadi ketagihan melakukan hal ini, lho.

Bahkan, pernah ada sebuah kabar yang menceritakan seorang suami yang menulis sebuah surat berisikan permintaan agar sebuah toko online tutup karena istrinya yang telalu banyak belanja di toko tersebut.

Siapa sih yang tidak tergiur dengan godaan belanja online? Cukup memesannya lewat aplikasi atau website, keesokan harinya paket sudah datang. Nggak perlu capek-capek pergi ke toko fisik, apalagi lewat online kita nggak perlu tawar menawar dan bisa membandingkan harga dengan sangat mudah.

Belanja online ini memang sering bikin kita ketagihan. Namun, kalau nggak bisa dikelola dan dikendalikan dengan baik, bisa-bisa, kebiasaan ini bikin kita jadi konsumtif dan menimbulkan masalah keuangan.

Nah, kalau kita sudah terlanjur ketagihan, yuk stop kebiasaannya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Sapu bersih aplikasi perbelanjaan dalam handphone kita

Selain menawarkan kemudahan, belanja online juga sering dianggap sebagai cara mudah untuk mendapatkan barang dengan harga miring. Apalagi kalau sedang ada diskon atau tawaran gratis ongkos kirim.

Sadar atau tidak, terkadang kita cenderung membeli sesuatu bukan karena memang kita membutuhkan barang tersebut, tapi karena tergoda oleh penawaran di atas. Biar nggak tergoda dan memutuskan untuk membeli barang yang sebenarnya nggak begitu kita butuhkan, kita bisa mulai sapu bersih aplikasi, website, sampai unfollow akun-akun toko online yang ada dalam handphone kita.

2. Unsubscribe dari mailing list online shop

Saat berkunjung ke sebuah toko online, biasanya mereka akan meminta kita untuk mengisi alamat email. Setelahnya, mereka akan mengirimkan penawaran langsung pada alamat email kita tersebut. Sudah berapa orang diantara kita yang sering terbujuk penawaran yang didapat langsung dari email?

Nah, biar kita nggak tergoda untuk belanja, kita bisa langsung membuka email tersebut dan memilih pilihan unsubscribe dalam email tersebut agar nantinya kita nggak akan mendapatkan penawaran tersebut. Selain mencegah agar kita nggak tergoda penawaran tersebut, kini kolom email kita juga akan nampak lebih rapi.

3. Unfollow selebgram atau influencer

Pengaruh seorang selebgram atau influencer memang dahsyat sekali dalam sebuah media sosial. Ketika orang tersebut merekomendasikan sesuatu, tanpa sadar kita jadi pengin ikut-ikutan untuk membeli produk yang direkomendasikan tersebut. Biar nggak lapar mata dengan penawaran yang disuguhkan oleh para influencer atau selebgram, unfollow bisa jadi pilihan bijak buat kita.

Jadi, mana nih cara yang menurutmu ampuh buat mengerem kebiasaan kita untuk belanja online yang berlebihan? 

Sumber : kumparan/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami