Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
386


Sebagai orang dewasa, terutama sebagai orang tua, nggak ada satupun yang lebih buruk dari pada melihat anak kita sedang berjuang dalam sesuatu hal, apapun itu.

Ketika kita meliha orang dewasa terluka, trauma, kecewa dengan keadaannya yang sangat menghancurkan, tentu saja kita bersimpati. Tetapi bagaimana jika kita melihat seorang anak remaja yang sedang terluka?

Misalnya teman sekolah anakmu yang masih remaja, yang ditinggalkan meninggal oleh ibunya. Dia menjadi hancur. Atau rumahnya menjadi berantakan karena kedua orang tuanya suka berantam bahkan bercerai?

Dia lalu mengalami ketakutan, trauma dan sakit.

Sebagai orang tua, bagaimana kamu bisa membantu anak temanmu untuk sembuh dari luka itu?

1. Beradalah di sana untuk anak kamu lebih dahulu. Ketika anak kamu hadir untuk temannya, maka kamu haruslah berada di sana untuk anak kamu.

Seperti yang kamu ketahui, ini adalah keterampilan hidup yang sangat penting untuk menjadi teman baik bagi orang lain, belajarlah untuk mendorong orang lain dan bersimpati ketika teman-teman kita sedang berjuang. Keadaan ini adalah kesempatan yang sempurna bagi anak kita untuk mendapatkan keterampilan yang akan bertahan seumur hidup mereka.

Bukalah pembicaraan kamu dengan anak kamu mengenai apa yang mereka rasakan dan pertanyaan apa yang mungkin mereka miliki mengenai kasus temannya. Ini juga akan membantu kamu memastikan jika ada sesuatu yang serius dan berbahaya yang sedang terjadi, jadi mereka pun tahu untuk bisa mendatangi kamu.

Jadi, dukunglah anak kamu karena dia mendukung seorang teman. Pandulah mereka dengan lembut melalui tanggapan dan respon yang tepat, sementara juga biarkan mereka tahu bahwa hal-hal yang menyangkut mereka juga menyangkut kamu.

2. Jadilah telinga untuk mendengarkan mereka

Biarkanlah anak kamu tahu bahwa kamu peduli. Doronglah mereka untuk bicara kepada kamu. Ajukan pertanyaan untuk menunjukkan perhatian, tetapi juga berhati-hati ketika memberikan saran.

Ada berbagai lapis perjuangan, dan itu tergantung pada apa yang sedang anak kamu perjuangkan. Maka dengarkan lah!

Sebagai orang dewasa, fokuslah untuk menunjukkan  kasih, cinta, perhatian, dan kehangatan kepada anak. Fokus jugalah untuk menjadi telinga yang mendengarkan yang bisa menunjukkan kasih Kristus dengan berada di sana.

3. Jangan melampaui batas kamu

Meskipun penting untuk mendukung anak kamu dan temannya mengenai masalah yang sedang di hadapi temannya, penting juga bagi kamu untuk menghormati posisi orang tua dari teman anaknya kamu dalam kehidupannya.

Perjuangan dan masalah yang di hadapi oleh anak bisa berasal dari tantangan di rumah juga loh, atau keadaan yang nggak sepenuhnya kita pahami dan memiliki detail yang komprehensif.

So, penting bagi kamu untuk mengenali figur otoritas dalam kehiduoan si anak tersebut misalnya orangtua, kakek, nenek,guru dll. Dan jangan lupa, tanggapilah dengan sikap hormat. Ajarilah anak, betapa pentingnya untuk menghormati otoritas mereka.

Nah itulah 3 hal yang kamu bisa lakukan pas melihat teman dari anak kamu sedang berjuang dalam luka dan sedihnya. Yuk, tetap menjadi orang tua yang memberkati banyak anak-anak di luar sana. Jadi nggak cuma anak kamu saja!

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dina Yohana 23 July 2019 - 12:41:40

lowongan kerja

0 Answer

Riama Manik 22 July 2019 - 18:53:22

Negara apa yang terletak paling utara

0 Answer

Buster street Wear 22 July 2019 - 12:34:35

Biseksual

1 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Testify Juli Week 3


7273

Banner Fun Run Juli week 3