Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1811


Ada perasaan sedih saat menyaksikan anak-anak Tuhan tak bertumbuh dewasa secara rohani. Padahal gereja bukan tidak melakukan tugasnya sebagai tempat untuk merangkul dan menggembalakan jemaatnya. Tentu saja saat seseorang mengalami pertumbuhan yang stagnan atau mandet itu artinya terjadi masalah besar.

Mereka yang tak bertumbuh secara rohani biasanya ditandai dengan ciri-ciri seperti:

- Lemah dan rentan terhadap godaan (1 Petrus 5: 8-9 & 2Petrus 1: 10-11)

- Tidak produktif dalam menghasilkan buah kebenaran ( 2 Petrus 1: 5-8)

- Cenderung kompromi dengan kebenaran (2 Petrus 1: 9)

Pertanyaannya adalah kenapa sebagian orang Kristen mengalaminya? Kenapa sebagian orang Kristen tidak tumbuh lebih dewasa secara rohani meskipun sudah menjalani pemuridan?

Ada 5 penyebab kenapa seseorang mengalaminya:

1. Karena mereka lamban mendengarkan

“Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.” (Ibrani 5: 11)

Biasanya orang yang malas mendengar akan sulit untuk bertumbuh. Karena bagi mereka firman Tuhan itu semacam beban berat yang harus dipikul (1 Yohanes 5: 3 & Amos 7: 12-13). Selain itu mereka juga cenderung akan selalu mencari alasan untuk menghindar saat diperhadapkan dengan pilihan bayar harga dan pengorbanan diri.

2. Karena mereka merasa sudah tahu

“…agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.” (Ibrani 6: 12)

Saat mereka tertanam di dalam gereja, mereka berpikir bahwa apa yang mereka pelajari soal kekristenan sudah cukup. Padahal kedewasaan rohani itu tidak diukur dari seberapa banyak pengetahuan kita soal firman Tuhan. Sebaliknya, seberapa terbuka kita mau terus belajar tentang firman Tuhan (Efesus 5: 18). Seseorang yang merasa bangga dan mudah berpuas diri akan membuatnya mandet dalam bertumbuh.

Baca Juga :

Bertumbuh Dengan Sehat

Apakah Anda Masih Bertumbuh Menjadi Lebih Baik?

3. Mengeraskan hati terhadap firman Tuhan

“Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil. Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.”  (Ibrani 5: 13-14)

Seseorang yang tak bertumbuh secara rohani disebabkan karena mereka tidak menerapkan firman Tuhan dalam hidupnya. Sehingga mereka tidak terbiasa dengan hal-hal rohani yang jauh lebih besar.

4. Percaya karena hanya ingin mendapat berkat saja

Orang Kristen seperti ini diistilahkan sebagai para pemburu berkat. Mereka salah memahami tentang siapa Tuhan dan apa risiko menjadi orang percaya. Karena tujuannya hanya ingin mencari berkat, merekapun kesulitan untuk bertumbuh.

5. Cinta mula-mula kepada Tuhan sudah redup

Pernahkah kamu mengalami hal ini? Saat kamu gak lagi bisa mengalami cinta Tuhan seperti saat pertama kali kamu dilahirkan kembali? Ya. Setiap kita pasti pernah mengalaminya. Tapi tahukah kamu apa penyebabnya? Bisa jadi tanpa kita sadari kita perlahan-lahan jauh dari firman Tuhan. Dan penyebab yang paling fatal adalah karena kita kembali jatuh dalam dosa lama kita. Akibatnya, dosa membutakan kita dari kasih Tuhan dan membuat kita menjadi orang percaya yang tak punya gairah yang berapi-api untuk Tuhan.

Tuhan mau semua orang percaya terus bertumbuh menuju panggilan-Nya. Dia mau kita sampai kepada potensi tertinggi kita. Dan hal ini akan terjadi kalau kita mau rendah hati untuk mendengar dan belajar tentang kebenaranNya.

“agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.” (Ibrani 6: 12)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us