Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
823


Namanya adalah Arunachalam Muruganantham, pria yang dijuluki 'Pad Man' alias lelaki pembalut ini sangat berjasa dalam kehidupan wanita-wanita India. "Yang paling sulit adalah mengubah pola pikir orang. Tidak ada manusia yang pernah mati karena kemiskinan. Semuanya karena ketidaktahuan," ungkapnya.

Lewat permasalahan yang ada di sekitarnya, Arunachalam mengubah pola pikir setiap orang mengenai pembalut yang merupakan kebutuhan bagi kaum wanita. Bahkan kisahnya ini sampai difilmkan dan jadi salah satu film terlaris di India.

Pada tahun 1998, ia menikah dengan seorang wanita bernama Shanthi. Ia memperhatikan istrinya yang kerap kesulitan setiap masa menstruasi tiba. Saat itu, wanita di India sangat kesulitan untuk mendapatkan pembalut higienis sebab harganya yang menjulang.

Hal ini kemudian mengantarkannya untuk mencoba memproduksi pembalut sendiri dengan harga yang terjangkau. Selama dua tahun dirinya melakukan trial-eror untuk mendapati sebuah pembalut yang layak di masyarakat. Bahkan, dirinya juga merancang mesin produksi dengan biaya yang cukup rendah.

Inovasi yang diperbuat oleh Arunachalam tidak langsung diterima oleh khalayak. Ia bahkan sampai  diolok-olok dan ditinggalkan oleh istrinya. Namun, karena keinginannya yang gigih, ia kini dikenal sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia versi majalah Times.

Kalau kita perhatikan, kini banyak industri atau perusahaan yang lebih terfokus pada inovasi untuk membangun masyarakat dan menjadi jawaban dari keresahan dan permasalahan yang ada di sekitar kita.

Lihat saja, ada Go-Jek yang sukses mengembangkan transportasi berbasis online, sehingga dengan mudah kita bisa diantar kemana pun tanpa harus takut dengan ongkos yang bikin kantong bengkak. Ada pula aplikasi belajar yang memudahkan kita memahami pembelajaran hanya melalui aplikasi.

Lewat beberapa cara di bawah ini, kita juga bisa ambil bagian dalam inovasi-inovasi yang membawa kesuksesan seperti cerita-cerita di atas.

1. Cari masalah yang ada di sekitar

Pernah nggak sih kita merasa resah karena sesuatu? Arunachalam sangat resah dengan kondisi wanita yang tidak bisa mendapatkan pembalut higienis. Ada Nulisbuku.com yang merupakan platform self-publishing untuk membantu para penulis agar bisa menerbitkan bukunya sendiri.

Jadilah peka terhadap sekitar, sehingga kita bisa melihat permasalahan yang perlu dicari jawabannya. Bisa jadi, dari permasalahan tersebut, ada tambang emas yang bisa kita dapatkan.

2. Tambahkan nilainya

Setiap orang pasti punya potensinya masing-masing. Kita harus menyadari dan mengakui kelebihan kita. Setiap kelebihan yang kita punya ini adalah berasal dari Tuhan. Jadi, kalau kita tidak menyadari dan mengakui potensi yang ada dalam diri kita, bagaimana kita bisa mengembangkannya dalam setiap inovasi kita nantinya?

Katanya, nggak ada di dunia ini yang benar-benar baru. Coba lakukan riset terhadap permasalahan yang ingin kita jawab tersebut. Bisa jadi ada orang yang sudah mencoba untuk menjawab permasalahan tersebut. Kalau memang sudah ada, kita bisa menggunakan cara AMT, yaitu amati, tiru dan modifikasi.

Jadi, apa nih permasalahan yang ada disekitarmu? Ingat, diperlukan sebuah kepekaan untuk bisa melihat permasalahan sebagai sebuah peluang. Yang paling penting, tujuan kita untuk membangun bisnis ini adalah memudahkan orang lain dan akan berdampak positif buat banyak orang.

 

Sumber : detik/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us